Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Dinas Kelautan dan Perikanan Mitra Targetkan Suply 27 Ribu Ton Ikan Tiap Tahun

680
×

Dinas Kelautan dan Perikanan Mitra Targetkan Suply 27 Ribu Ton Ikan Tiap Tahun

Sebarkan artikel ini

Jelang akhir tahun, suply komoditi ikan di wilayah pesisir terus mengalami peningkatan. Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas (Kadis) Kelautan dan Perikanan Minahasa Tenggara (Mitra) Vecky Monigir, Senjn(18/11/2019).  Perairan yang kaya akan hasil laut, menjadikan wilayah Belang Mitra salah satu wilayah pemasok terbesar di Sulawesi Utara (Sulut).

“Memang saat ini, wilayah perairan Mitra menjadi salah satu pemasok terbanyak untuk komoditi ikan pada umumnya,” ujar Monigir.

Ditargetkan setiap tahunnya, 27.000 ton Ikan disuply ke dalam dan luar negrei. “Akhir tahun ini, dipastikan mencapai target yang ada. Memang sementara ini, masih dalam kalkulasi jumlah pasokan ikan yang dipasok. Akan tetapi dalam waktu dekat sudah dipastikan melebihi terget yang ditentukan,” terangnya.

Selain itu, ia mengatakan tak hanya ikan saja yang dipasok, ada juga rumput laut. “Yah, rumput laut juga ada yang disuply. Namun beberapa tahun belakangan, hasilnya terus menurun,” tukas Vecky

Ia juga menambahkan, sebanyak 33.000 ton pasokan air tawar disuply pertahunnya. “Maksudnya, komoditi air tawar ini meliputi, ikan yang dipelihara oleh para kelompok nelayan. Dari hasil bantuan bibit ikan yang dikelolah oleh masyarakat. Sebagian juga ada yang dipelihara di pesisir laut oleh para kelompok nelayan,” tambah Kadis.

Lepas dari itu, selaku pemerintah dalam melakukan upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, bantuan yang ada diharapkan bisa terus dikelola dengan benar. ”

Tentunya ini untuk kemajuan dan kesejahteraan rakyat. Dengan adanya bantuan seperti ini, diharapkan para kelompok nelayan bisa mengola bantuan tersebut secara benar,” tutup Vecky.