Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

12 Sekolah Kedinasan Dikenalkan BKD Sulut

7537
×

12 Sekolah Kedinasan Dikenalkan BKD Sulut

Sebarkan artikel ini

MANADO — Pemerintah Provinsi Sulut mengajak calon lulusan SMA/SMK untuk menempuh sekolah kedinasan bila ingin menjadi abdi negara (baca: ASN). Ada banyak sekolah kedinasan, seperti Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN), Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), dan lainnya.

“Menjadi PNS bukan hanya lewat jalur umum, bisa juga melalui sekolah kedinasan,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut Dr Femmy Suluh MSi dalam kegiatan Diseminasi Sekolah Kedinasan Bagi Siswa SMA/SMK se- Sulut Tahun 2019, di Aula Mapalus Kantor Gubernur, Rabu (18/12/2019).

Wakil Ketua PKK dr. Devi Tanos menjadi narasumber

Femmy pun menyarankan kepada siswa agar memilih sekolah sesuai dengan minat dan bakat agar tidak salah pilih untuk masa depan.

“Pilih yang sesuai passion. Jangan masuk hanya karena keinginan orangtua. Ada 12 pilihan sekolah kedinasan,” ungkapnya.

Femmy pun mengungkapkan, karena ada yang salah pilih hanya karena pilihan orang tua, akhirnya memilih untuk pulang. “Yang jelas ini sudah mengurangi kuota, padahal kuota kita tidak banyak. Kasihan orang lain yang benar-benar serius untuk masuk di sekolah itu. Dan untuk proses seleksi negara sudah mengeluarkan biaya. Jadi jangan sampai seperti itu,” ungkapnya.

Sementara Wakil Ketua TP PKK Sulut dr Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS yang menjadi narasumber dalam materinya ‘Generasi Milenial Sulawesi Utara: Tantangan dan Peluang’ mengingatkan para pelajar kelas 12 SMA yang ikut diseminasi tersebut untuk menjadi generasi milenial yang unggul. “Ciri-cirinya adalah berteman dengan teknologi, komunikasi terbuka, dan reaktif terhadap perubahan lingkungan. Semua di sini pasti mampu. Harus ada niat, berusaha, dan terutama berdoa,” kata istri tercinta Wagub Sulut Drs Steven Kandouw ini.(**)