Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

OD-SK Pacu Potensi Pariwisata Minsel dan Boltim

×

OD-SK Pacu Potensi Pariwisata Minsel dan Boltim

Sebarkan artikel ini

BOLTIM — Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw takjub dengan keindahan alam perkebunan Desa Modoinding Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dan Danau Mooat Kabupaten Bolmong Timur (Boltim). Wagub menikmati keindahan kedua obyek wisata itu, Sabtu (08/02/2020).

Beberapa kali Wagub berhenti di beberapa spot kawasan hortikultura itu untuk berdialog dengan masyarakat setempat. “Saya akan minta bantuan kawan-kawan agen travel dan pemandu wisata yang tergabung dalam ASITA (Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia), ASPPI (Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia) dan HPI (Himpunan Penerjemah Indonesia) bahkan perhotelan, untuk ikut jualan paket wisata alam ke Modoinding dan Mooat,” kata Kandouw.

Namun Wagub meminta pemerintah daerah, Pemkab Minsel dan Pemkab Boltim, untuk menyediakan fasilitas di lokasi pariwisata. Ia mencontohkan soal fasilitas pada paket wisata tracking dan hiking di perkebunan Modoinding, yang belum memadai.

“Modoinding ini potensial sekali. Ini harus jadi kluster pengembangan wisata yang bersinergi. Artinya, paket wisata alam disini cantik dan harus dijual bersama. Yaitu, turis harus diajak tinggal sehari dua hari penuh untuk menikmati alam pegunungan di Modoinding dan danau disini,” tegas Wagub Steven.

Wagub juga menyorot Dispar Minsel yang dinilai kurang memberikan perhatian pengelolaan wisata di Modoinding. “Semua daerah berbenah obyek wisatanya sejak Pak Gubernur (Olly Dondokambey) membuka sektor pariwisata di Sulut. Harusnya Modoinding yang cantik ini ikut dibenahi dan diberi perhatian. Lihat saja obyek wisata di sini, mulai rusak,” ujar Wagub saat berada di sebuah obyek wisata Modoinding yang beberapa fasilitas pendukungnya mulai rusak.

Sebab itu Wagub Steven berharap agar Wabup Minsel Frangky Wongkar dan Wakil DPRD Minsel Steven Lumowa bisa mengantisipasi itu. Wagub sendiri dalam dua kegiatan terpisah di dua lokasi itu didampingi Staf Khusus Gubernur Sulut Bidang Pariwisata Dino Gobel, Wakil Bupati Minahasa Selatan Frangky Wowor dan Wakil Ketua DPRD Minsel Steven Lumowa.

Saat berada di Mooat, Wagub Steven diterima sekaligus didampingi langsung Kadis Pariwisata Boltim Rizky Lamaluta dan para Kadis Pariwisata se-Bolmong Raya. Di akhir pertemuan, diadakan dialog santai Wagub dengan para Kadis Pariwisata se-Bolmong Raya.

“Dinas Pariwisata Kabupaten Bolmong sangat gembira dengan perhatian Pak Gubernur melalui kunjungan Pak Wagub,” kata Kadis Pariwisata Bolmong Ulfa Paputungan.

Wagub juga memberikan apresiasi pembangunan pariwisata di Boltim yang kreatif yang dipimpin Kadis Pariwiata Rizky Lamaluta. Karena semakin menghadirkan banyak obyek wisata buatan termasuk di tepian Danau Mooat.

“Tetap jaga kebersihan dan kelestarian alam Mooat. Terutama ingat pesan Pak Gubernur, pariwisata harus dinikmati rakyat. Masyarakat dan bermanfaat bagi daerah,” kata Wagub.(oio)