Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Launching e-Pendapatan, Samsat Manado Tampil Baru

7
×

Launching e-Pendapatan, Samsat Manado Tampil Baru

Sebarkan artikel ini

MANADO — Target pendapatan Sulut dari pajak dan retribusi mencapai Rp1,1 triliun sejak 2019 lalu. Berbagai strategi dilakukan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulut untuk meraup dan meningkatkan target Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Salah satunya aplikasi e-Pendapatan berupa sistem perpajakan berbasis digital (online) yang dikenal dengan. “Aplikasi ini sebagai respon terhadap perkembangan teknologi informasi, yang kemudahan dan ketepatan pelayanan dan pengelolaan sistem pendapatan daerah jadi tuntutan,” kata Kepala Bapenda Sulut Olvie Atteng saat peluncuran e-Pendapatan di Kantor UPT PPD Manado, Selasa (03/03/2020) pagi.

Sementara Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Pemprov Sulut Asiano Gammy Kawatu dalam sambutannya berharap pemanfaat teknologi e-Pendapatan dapat semakin memaksimalkan kinerja instansi ini dalam pengelolaan dan peningkatan PAD Sulut.

Pada kesempatan yang sama, Kawatu yang didampingi Olvie Atteng meresmikan Kantor Pelayanan Samsat yang baru direnovasi di UPT PPD Manado dan Samsat Outlet Pasar Segar.

“Kantor pelayanan Samsat yang baru ini menyajikan layanan prima dan berbagai sarana prasarana yang memadai bagi masyarakat wajib pajak,” kata Kawatu.

Olvie Atteng menambahkan berbagai pembenahan dan terobosan terus dilakukan Bapenda Sulut untuk meningkatkan pendapatan, dan meningkatkan layanan prima kepada wajib pajak.

“Upaya peningkatan sarana dan prasarana yang berkualitas merupakan komitmen pemerintah ODSK terutama di bidang pelayanan pajak kendaraan bermotor,” katanya.

Diungkapkan juga, ada berbagai fasilitas yang dirubah dan dikembangkan untuk memenuhi standar pelayanan. Contohnya fasilitas Drive Thru, tempat pencatatan nomor fisik kendaraan, tempat fotocopy, cafetaria serta fasilitas loket khusus (indoor) yang siap melayani masyarakat/wajib pajak yang datang berkunjung.

“Dengan tampilan yang baru ini, kami harap Samsat Manado dapat memberikan pelayanan maksimal untuk wajib pajak, dan bisa membuat masyarakat nyaman dan semakin memberikan kemudahan dalam membayar kewajibannya,” kata Olvie.

Peluncuran e-Pendapatan dan launching Samsat baru ini ikut dihadiri Ditlantas Polda Sulut, Kepala Cabang Jasa Raharja, dan pihak perbankan mitra Samsat.(**)