Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

BPPW Sulut Salurkan Air Bersih ke Lokasi Bencana Bolmong dan Bolmut

7773
×

BPPW Sulut Salurkan Air Bersih ke Lokasi Bencana Bolmong dan Bolmut

Sebarkan artikel ini
Penyaluran air bersih di Desa Biontong

BOLMUT — Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulut ambil bagian membantu para korban banjir bandang dan longsor di Bolmong dan Bolmong Utara. BPPW mengerahkan sejumlah mobil tanki air dan tandon (tanki penampung) untuk menyalurkan air bersih kepada masyarakat yang terdampak bencana.

Sepanjang pekan lalu, hingga saat ini, BPPW Sulut menyalurkan air bersih untuk masyarakat di Desa Pangi dan Desa Domisil, Kabupaten Bolmong. Juga untuk warga Desa Huntuk, Desa Pangkusa, Desa Biontong, serta sejumlah desa sekitar di Bolmut.

“Kami menyediakan tandon 2.000 liter untuk hidran umum yang dipasok oleh mobil tanki, dan sisanya dibagikan ke masyarakat untuk ditampung di rumah masing-masing,” kata Kepala BPPW Sulut, Rusan Nur Taib.

Menurut Rusan, penyaluran air bersih untuk masyarakat terbilang lancar karena sumbernya terbilang dekat dari lokasi-lokasi tujuan, dan terletak di pinggir jalan trans Sulawesi.

“Mata airnya di Desa Sampiro, Bolmong Utara. Kebetulan mata air itu hanya di pinggir jalan. Dan jarak ke lokasi penyaluran, baik ke Bolmong dan Bolmut, tidak terlalu jauh,” katanya.

Sekadar diketahui, mata air—biasa disebut masyarakat sekitar adalah pancuran Sampiro—tersebut jadi tempat persinggahan pelintas jalan trans Sulawesi untuk sekadar membasuh wajah atau istirahat sejenak.

Petugas tanggap darurat BPPW Sulut mencatat dari lokasi pengambilan air di Desa Sampiro, dengan durasi pengisian ulang air ke mobil tanki selama 20 menit, ke Desa Pangi perjalanan memakan waktu 30 menit.

“Penyaluran air kepada masyarakat Desa Pangi sebanyak dua kali sehari, dengan kapasitas per tanki 4.000 liter,” ungkap salah seorang petugas dari BPPW Sulut.

Dari Sampiro juga air bersih didistribusikan ke Desa Huntuk dengan lama perjalanan 60 menit, ke Desa Pangkusa 70 menit. Di Desa Huntuk dan Pangkusa, BPPW menyediakan masing-masing 1 unit hidran umum dengan kapasitas 2.000 liter, dan sisa airnya disalurkan ke warga yang mau menampung air.

Sedangkan di Desa Biontong, Kecamatan Bintauna, disediakan 2 unit hidran umum dengan kapasitas masing-masing 2.000 liter. Air juga dipasok oleh 1 unit dam truk yang memuat 3 tandon berkapasitas per tandon 1.000 liter.(**)