Bolmut Sasar Pasar Ekspor Ikan Teri Kering

Potensi hasil produksi ikan teri mencapai ribuan ton pertahun

Sebagai daerah pesisir, Kabupaten Bolmong Utara memastikan daerah sebagai salah satu penghasil ikan terbesar di wilayah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

BOROKO — Sebagai daerah pesisir, Kabupaten Bolmong Utara memastikan daerah sebagai salah satu penghasil ikan terbesar di wilayah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Jakaria Babay mengaku potensi produksi ikan, salah satunya ikan teri, di Bolmut cukup besar, dan akan dioptimalkan untuk kebutuhan ekspor.

“Potensi hasil produksi ikan teri mencapai ribuan ton pertahunnya. Kami akan memanfaatkan peluang tersebut untuk bisa menembus pasaran internasional, dan akan menjadi pengekspor ikan teri terbesar di Sulut,”  ujar Jakaria.

Menurutnya, potensi ini tidak diragukan melihat wilayah pesisir pantai mulai dari Kecamatan Sangkub sampai dengan Pinogaluman menghadap laut Sulawesi. Ditambahkannya lagi, jika potensi ikan teri di Bolmut adalah potensi ekspor. Sehingga saat ini pihaknya sedang melakukan pemusatan budidaya hingga pengolahan ikan teri di Kecamatan Pinogaluman.

“Tahun ini pemerintah daerah telah menyiapkan sejumlah peralatan pengolahan seperti cool box, alat perebusan, dan penjemuran,. Rencananya akan ditempatkan di bangsal pengolahan ikan teri di Kecamatan Pinogaluman,” kata Babay.(red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More