Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Leo Basuki: PLN Siap Layani Investasi di Sulut

×

Leo Basuki: PLN Siap Layani Investasi di Sulut

Sebarkan artikel ini

MANADO – Sebagai bagian dari upaya untuk membangun, menjaga dan meningkatkan koordinasi dan sinergisitas dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, maka General Manager PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo Leo Maria Basuki Bremani dan Christyono sebagai General Manager PLN Suluttenggo yang lama mengadakan kunjungan silaturahmi ke Kediaman Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey. Dengan menggunakan Protokol Pencegahan COVID-19, tim PLN diterima langsung oleh Gubernur.

Dalam pertemuan ini sekaligus digunakan Leo Basuki untuk memperkenalkan dirinya yang baru saja bertugas sebagai General Manager PLN Unit Induk Suluttenggo. “Kami ditugaskan untuk memenuhi kebutuhan suplai listrik jangka panjang serta ikut mendukung pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara sehingga tidak ada hambatan,” ujar Leo.

Katanya, tugas PLN adalah menghadirkan infrastruktur ketenagalistrikan. Selain untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat, untuk ikut mendukung kegiatan investasi di daerah demi tumbuhnya perekonomian. Dengan banyak berkembangnya potensi bisnis di Sulawesi Utara  sehingga ada potensi penambahan pelanggan, sehingga  hal ini perlu diantisipasi,”

“PLN siap untuk melancarkan rencana yang dicanangkan oleh pemerintah Provinsi Sulawesi Sulawesi  Utara, baik dalam hal infrastruktur dan ketersediaan listrik untuk mendukung suplay dan demand sehingga ada keseimbangan. Sebagai bukti bahwa kami siap mendukung penuh pembangunan di Sulut di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kota Bitung, Kawasan destinasi wisata prioritas salah satunya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang dan PLN siap ekspansi,” tambahnya.

Gubernur pun menjelaskan saat ini peningkatan konsumsi listrik per kapita di Sulawesi Utara mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Hal ini disebabkan menggeliatnya bisnis pariwisata dan industri yang ada di Manado dan sekitarnya. Selain itu sejalan dengan rencana-rencana Pemprov Sulut yang akan membuat Sulawesi Utara menjadi pusat perdagangan dan destinasi pariwisata premium di Indonesia.

“Tidak usah khawatir untuk melakukan investasi listrik di Sulawesi Utara, dalam waktu dekat kami akan mendorong investor berinvestasi membangun resort di Sulut. Selain itu ada hotel-hotel yang saat ini sedang dalam pembangunan dan beberapa rumah sakit yang akan beroperasi, serta kawasan terintegrasi untuk KEK Likupang”, terang Olly.

Gubernur menegaskan juga bahwa selain potensi alam dan sumber daya yang ada, ketersediaan listrik merupakan hal yang sangat penting saat investor akan masuk ke Sulawesi Utara. “Kami harap sinergi antara PLN dengan Pemerintah Provinsi (join planning) tetap terjalin, untuk mempermudah koordinasi pembangunan infrastruktur kelistrikan, termasuk bahwa PLN bisa mensupport ketersediaan kelistrikan di kepulauan,” pungkas Olly.(red)