Olly: Bendungan Kuwil Lain dari yang Lain

MINUT — Gubernur Olly Dondokambey meninjau perkembangan pembangunan Bendungan Kuwil-Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara, Selasa (18/08/2020). Bendungan berkapasitas tampung 23,37 juta meter kubik ini adalah salah satu proyek strategis nasional (PSN) di Sulut untuk pembangunan 49 bendungan baru oleh Kementerian PUPR.

Gubernur mengatakan dia kukuh berjuang agar bendungan tersebut disetujui pemerintah, dan masuk dalam prioritas nasional karena manfaatnya yang sangat besar untuk masyarakat Sulut. Yakni, untuk mengendalikan banjir di Manado, menyediakan air baku untuk kebutuhan air minum masyarakat Minut, Manado, dan Bitung; serta untuk destinasi pariwisata.

“Status bendungan ini lain dari yang lain. Sebab, pertimbangan utama persetujuan pembangunan bendungan itu adalah berfungsi untuk pengairan sawah, karena mewujudkan ketahanan pangan. Tapi dengan alasan yang tepat sehingga pemerintah pusat setuju untuk membangunnya,” ungkap Olly mengulang pernyataannya beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) 1 Bastari, pihaknya menargetkan proyek bendungan berbandrol Rp1,4 triliun (dari APBN) ini selesai pada tahun 2021.

“Saat ini pengerjaannya sudah mencapai 75 persen,” ujar Bastari.

Peninjauan perkembangan pembangunan Bendungan Kuwil oleh Gubernur Olly.

Sekadar referensi, fungsi Bendungan Kuwil Kawangkoan merupakan bagian dari pengendalian banjir Kota Manado dan sekitarnya untuk debit banjir 470 meter kubik per detik. Bendungan ini juga dapat dimanfaatkan sebagai penyedia air baku sebesar 4,5 meter kubik per detik, Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) dengan kapasitas 2 x 0,70 MW, serta pengembangan pariwisata.

Peninjauan pembangunan bendungan Kuwil Kawangkoan turut dihadiri Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, dan jajaran BWSS I.(red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More