Tol Mabit Operasional, Kandouw: Terima Kasih Pak Jokowi, SHS, dan Olly

SUKSESOR: Momen pertemuan SH Sarundajang bersama Gubernur Olly dan Wagub Steven di HUT ke-75 SHS

MANADO — Tak mau melupakan sejarah, Wagub Sulut—yang sedang menjalani cuti karena jadi Cawagub—Steven Kandouw mengakui Jalan Tol Manado-Bitung yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo, kemarin, merupakan penggagas megaproyek itu adalah SH Sarundajang, mantan Gubernur 2005-2015.

“Jangan lupa penggagas dan inisiator jalan tol ini adalah Bapak SH Sarundajang,” ungkapnya. “Yaitu sejak tahun 2012 blue print proyek ini sudah digagas oleh Pak SH Sarundajang. Terima kasih Pak Sarundajang,” katanya kepada wartawan lewat pesan di WA.

Apresiasi yang tinggi dan ucapan terima kasih dari warga Sulut juga dilayangkan ke Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo (Jokowi), yang telah meresmikan infrastruktur strategis jalan tol terpanjang di Sulawesi itu.

“Saya dan rakyat sangat berterima kasih pada pak Presiden Jokowi, salut Pak Jokowi boleh meresmikan Tol Manado Bitung, walaupun belum tuntas seratus persen,”

Anggota DPRD Sulut tiga periode ini sangat tahu siapa juga figur penting terealisasi Jalan Tol Manado-Bitung yang saat ini sudah tuntas 26 Km di ruas Manado-Danowudu itu.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya juga kita harus berikan kepada Pak Olly Dondokambey yang punya andil besar sehingga mimpi dan gagasan Pak Sarundajang ini terwujud. Sebab Pak Olly lah yang punya andil sehingga proyek tol ini masuk di Blue Book Bappenas. Saat itu beliau sebagai pimpinan Badan Anggaran di DPR-RI,” kata Kandouw.

Sebagai sosok yang turut serta mengawal perjuangan merealisasikan jalan tol itu, Kandouw juga mengungkapkan betapa pada awalnya begitu susah proyek tol itu akan dimulai.

“Lebih dari itu, mungkin banyak yang belum tahu, setelah empat tahun disetujui oleh Bappenas tol Manado-Bitung ini tidak diminati oleh investor. Dan tangan dingin Pak Olly lah yang berhasil mencari solusi pendanaan tol ini, sekaligus memfasilitasi pihak-pihak pelaksana untuk duduk bersama dan sepakat melaksanakan proyek tol Manado-Bitung ini. Sekali lagi terima kasih Pak Olly Dondokambey,” ujar Kandouw.(red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More