Info Digital Sulawesi Utara

Pembangunan RSUD Provinsi Selesai Akhir Desember

Layani BPJS Hingga Kelas 3, Ada 400 Tempat Tidur Inap

0

MANADO — Gubernur Olly Dondokambey memastikan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Sulawesi Utara tahap I akan rampung akhir Desember. Pekan lalu, saat ditinjau, fisik bangunan 12 lantai tersebut sudah 93 persen.

“Pembangunan rumah sakit daerah Tipe B ini merupakan bagian dari visi misi saya dan Pak Steven Kandouw lima tahun lalu,” ungkap Olly. “Visi misi kita jelas, bagaimana meningkatkan pelayanan di sektor kesehatan,” tambahnya.

Maket RSUD Provinsi Sulut yang akan segera diresmikan

Pembangunan RSUD Provinsi yang terletak di Bethesda Manado (eks RSJ Ratumbuysang) itu juga sebagai dukungan terhadap visi pengembangan pariwisata.

“Wisatawan datang ke Sulut harus terjamin fasilitas kesehatannya. Makanya pemerintah provinsi siapkan rumah sakit. Terpenting juga fasilitas ini kita siapkan untuk masyarakat Sulut supaya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal,” ujar Olly.

Gubernur dan para pejabat Pemprov meninjau pembangunan, pekan lalu.

Dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan Daerah (Dinkesda) Provinsi Sulut, dr Debie Kalalo RSUD Sulut ini dibangun dengan anggaran Rp300 miliar yang didanai oleh PT Sarana Multistruktur Indonesia (persero), BUMN penyedia modal infrastruktur. Direncanakan akan selesai akhir Desember 2020, dan segera dioperasikan.

“Seluruh peralatan kesehatannya sudah tersedia dan terpasang. Sementara dicoba fungsinya,” ujar Kalalo, pekan lalu.

Dijelaskan juga, RSUD yang memiliki hampir 400 tempat tidur perawatan itu juga melayani pasien peserta BPJS Kesehatan, hingga di level kelas 3.

“Ada ruangan yang disiapkan untuk kelas I, Kelas II dan Kelas III. Ini agar masyarakat tidak harus menumpuk lagi di RSUP Kandou saat dirujuk ke Manado,” kata Kalalo.

RSUD Provinsi Sulut ini juga, katanya, akan beroperasi menjadi rumah sakit rujukan provins. Selain itu akan menjadi RSUD dengan unggulan (khusus) sebagai pusat pelayanan penyakit ginjal (hemodialis) dan tumbuh kembang anak di Sulawesi Utara, bahkan di Indonesia Timur.

“Satu kebanggaan bagi kita juga karena RSUD Provinsi Sulut bertaraf internasional. Ini satu lompatan besar untuk sektor kesehatan Sulut,” ujar Kalalo.(red)

 

FASILITAS RUANGAN 

Ruang IGD                            9 Bed

ICU                                      10 Bed

Hemodialisa & Isolasi      67 Bed

Ruang Perawatan Inap

Kelas  1                                 48 Bed

Kelas 2                                  54 Bed

Kelas 3                                  168 Bed

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.