Pemprov Sulut Siap Salurkan 30 Sapi Kurban

Karo Kesra Setdaprov Sulut, Fereydy Kaligis

MANADO — Pemprov Sulut menyiapkan bantuan hewan kurban berupa sapi untuk perayaan Idul Adha 1442 H/2021 M. Sebanyak 30 ekor sapi akan disebar ke masjid-masjid penerima yang telah memasukkan proposal permohonan. Rencananya akan diserahkan secara simbolis Oleh Gubernur Olly Dondokambey pada Senin (19/07/2021), di Kantor Gubernur.

Beberapa waktu lalu Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdaprov Sulut, Fereydy Kaligis mengungkapkan pengadaan sebanyak 30 sapi kurban tersebut dianggarkan lewat APBD Pemprov Sulut tahun 2021.

“(Bantuan) itu sudah dianggarkan dalam APBD. Nanti rencanannya akan diserahkan secara simbolis oleh Bapak Gubernur Olly Dondokambey,” kata Kaligis.

Sekadar referensi, untuk pengadaan bantuan hewan kurban ini dianggarkan dana APBD sebesar Rp907.500.000. Berdasarkan informasi di laman LPSE Pemprov Sulut, ditayangkan bahwa paket Pengadaan Hewan Kurban Sapi Pengelolaan Sarana dan Prasarana Spiritual itu menangkan oleh CV. Cakra Selatan Sakti yang beralamat di Desa Sapa Timur, Kecamatan Tenga, Minahasa Selatan. Nilai akhir hasil negosiasi Rp891.825.000.

Kaligis menambahkan hewan kurban yang akan disalurkan tersebut sudah terlebih dahulu melalui screening oleh dokter hewan, dan diberikan rekomendasi untuk memastikan sapi yang akan disalurkan layak dikonsumsi.

“Memang harus diperiksa dulu, supaya hewan kurban yang akan disalurkan nanti betul-betul layak untuk dikonsumsi masyarakat penerima,” terangnya. Penyakit sapi yang banyak dijumpai antara lain Anthrax dan cacingan.

Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, katanya, Pemprov Sulut juga akan menerima bantuan 1 ekor sapi kurban dari Presiden Joko Widodo. Dan, sudah diatur bantuan itu akan diserahkan ke salah satu masjid di Minahasa Selatan.(hdr/red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.