Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Unima, KNPI Sulut, BWSS 1, KPDT Bersatu Selamatkan Danau Tondano

×

Unima, KNPI Sulut, BWSS 1, KPDT Bersatu Selamatkan Danau Tondano

Sebarkan artikel ini

TONDANO — Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Utara bersama Unima, Komite Penyelamatan Danau Tondano (KPDT) dan BWSS 1 Sulut menginisiasi penanaman pohon di sekitar Danau Tondano, Kabupaten MInahasa. Pencanangan dan penanaman pohon digelar di sekitar Kampus Unima Tondano, Jumat (20/08/2021) pagi.

Ketua KNPI Sulut Rio Dondokambey turut melakukan penanaman bersama Ketua KPDT yang juga Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sulut Fredy Runtu SH, Rektor Unima Prof DR Deitje Adolfien Katuuk MPd, Kepala Balai Sungai Wilayah Sulawesi (BWSS) 1 Ir Bastari, M Eng serta jajaran.

Penanaman berbagai macam jenis pohon buah ini dilakukan sebagai wujud dukungan terhadap program penghijauan di sekitar Danau Tondano untuk menyelamatkan danau sebagai sumber air bagi sebagian wilayah di Sulut itu.

Rio yang juga Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulut ini menyatakan apresiasinya atas pelibatan pemuda dalam kegiatan tersebut. Rio juga mengacungi jempol atas adanya Komunitas Peduli Danau Tondano (KPDT) yang juga beranggotakan para pemuda di Minahasa dan sekitarnya.

“Karena pemuda harus banyak diajari peduli terhadap lingkungan hidup,” ujar putra sulung Gubernur Olly Dondokambey dan Rita Tamuntuan ini.

Menurut Rio, penyelamatan Danau Tondano menjadi keharusan demi kesejahteraan. Daerah yang dekat dengan sumber air juga harusnya maju. Sehingga sudah menjadi tugas dan tanggung jawab bersama mendukung dan mengembangkan daerah pesisir dan sekitaran Danau Tondano.

“Danau ini kan bukan buatan manusia, tapi anugerah dari Tuhan untuk kita. Sebagaimana negara-negara besar seperti Amerika Serikat, pusat perekonomiannya berada di pesisir barat dan pesisir timur. Di China, ada Shanghai daerah pesisir. Israel juga bergantung pada Danau Galilea,” kata Rio.

Pengurus Karang Taruna Nasional ini pun mendorong agar pemuda di Sulut untuk semakin peduli pada lingkungan.

“KNPI sangat mendukung penyelamatan Danau Tondano. Kami sangat berharap bisa menyumbang ide-ide sebagai kontribusi untuk kelestarian Danau Tondano,” tutup Ketua KONI Manado ini.(hdr/red)