Puskesmas Tagulandang Jemput Warga Untuk Divaksin

SITARO — Pelaksanaan program vaksinasi penanggulangan Corona Virus Disease 2019 atau COVID-19 di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro telah memasuki tahap yang kedua. Berbagai cara dilakukan oleh sejumlah fasiltas kesehatan (baca: Puskesmas) untuk mengingatkan sekaligus menarik animo masyarakat agar ambil bagian dalam vaksinasi tahap II ini.

Salah satunya dengan melakukan antar jemput kepada masyarakat yang terjadwal vaksin tahap II untuk datang ke Puskesmas. Seperti yang dilakukan oleh Puskesmas Tagulandang.

Di bawah komando Kepala Puskesmas Tagulandang dr. Faisal Budiman Edah, mobil ambulans dipakai menjemput dan mengantar warga untuk divaksin.

“Hal ini kami lakukan agar warga yang datang ke Puskesmas tak perlu lagi mengeluarkan ongkos transportasi,” kata Faisal, sapaan akrabnya.

Apalagi, sambung dia, saat ini dunia tengah dilanda pandemic COVID-19 yang membuat semua serba susah.

“Memahami hal tersebut kami mengambil langkah ini, agar upaya memutuskan mata rantai COVID-19, lewat vaksinasi bisa terwujud. Sehingga wilayah kita mampu mencapai herd immunity atau yang lebih dikenal dengan kekebalan kelompok,” tuturnya.

Lebih lanjut lagi, dokter muda berdarah Porodisa ini, mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah gencar menyelesaikan vaksin dosis ke-2 bagi warga yang telah divaksin dosis pertama.

“Pemberian vaksin dosis ke-2, bagi warga yang telah menerima dosis pertama terus kita gencarkan. Karena sesudah ini kita akan kembali melayani dosis pertama bagi mereka yang belum divaksin,” ujarnya.

Di satu sisi, dirinya pun mengimbau agar masyarakat tidak mempercayai berita ataupun isu yang beredar terkait dampak dari vaksin ini.

“Saat ini banyak beredar berita yang tidak benar soal vaksin. Itu semua hoax. Pastinya sebelum divaksin kami akan memerisa terlebih dahulu kondisi masyarakat, apakah layak atau tidak. Dan yang paling penting harus diingat bahwa vaksin aman dan halal. Jadi tidak usah takut untuk divaksin,”pungkasnya.(gustap)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.