PLN Sigap Perbaiki 2 Tower Transmisi di Jalur Poso-Sidera

PALU — Curah hujan tinggi di wilayah Sulawesi Tengah pada 4 September 2021 lalu mengakibatkan banjir dan merobohkan 2 tower transmisi  150 kV. Tower yang roboh itu adalah 44 dan 349 pada jalur Poso-Sidera.

Menurut laporan PLN UIW Suluttenggo, hingga Sabtu (11/09/2021), PLN gabungan terus bergerak cepat melakukan pemulihan infrastruktur kelistrikan tersebut.

Kondisi curah hujan yang tinggi mengakibatkan air sungai menggerus tanah di lokasi tower transmisi sehingga menyebabkan tower roboh.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Tengah, dan Gorontalo, Leo Basuki mengungkapkan bahwa pasca-tower roboh karena tanahnya tergerus air sungai, pihak PLN terus berkoordinasi dengan Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran Sulawesi yang dengan cepat dan tanggap memperbaiki kerusakan yang timbul, secepat mungkin.

“Tim PLN masih terus bekerja, melakukan perbaikan di lapangan. Sejauh apa kerusakan yang terjadi dan tentunya segera melakukan pemulihan,” ujar Basuki

Langkah awal perbaikan yang saat ini sedang dilakukan adalah dengan membangun Tower Emergency agar tidak pasokan listrik pada pelanggan tidak terganggu.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam siaran persnya menyampaikan sirkulasi siklonik terpantau di wilayah Selat Makassar hingga Sulawesi Tengah bagian Timur pada Sabtu, 4 September 2021.

Kondisi ini menyebabkan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

“Melihat apa yang disampaikan BMKG tentu kami terus bersiaga dan mengajak masyarakat untuk peduli terhadap kelistrikan di sekitar,” tambah Basuki.

PLN mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap bahaya kelistrikan ketika musim hujan dan terjadi banjir. Masyarakat dapat melaporkan potensi bahaya dan gangguan kelistrikan melalui aplikasi New PLN Mobile demi kemudahan layanan kapan saja dan dimana saja.(hdr/red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.