Pemprov Sulut Bangun Islamic Centre 5 M di Bolmut

Pejabat Dinas PUPR Sulut bersama Bupati Bolmut Depri Pontoh

BOLMUT-Pemerintah Provinsi Sulut mulai membangun gedung Islamic Centre di Bolmut. Ini merupakan komitmen Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw untuk warga Bolmong Raya dalam pemerataan pembangunan. Senin (20/09/2021) telah dilakukan peletakan batu pertama pembangunan di Kawasan Masjid Agung Baiturrahman, Boroko, Kecamatan Kaidipang.
Plt Kepala Dinas PUPR Sulut Adolf H. Tamengkel yang mewakili Gubernur Olly Dondokambey dalam sambutannya mengatakan pembangunan Gedung Islamic Center ini merupakan salah satu bentuk perhatian Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam hal ini Gubernur Olly dan Wakil Gubernur Steven untuk Kabupaten Bolaang Mongondow Utara agar tersedia sarana yang memadai untuk kegiatan-kegiatan keagamaan maupun kegiatan kemasyarakatan.
“Hal ini juga merupakan salah satu bentuk sinergitas antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemkab Bolmut dalam hal peningkatan infrastruktur. Pembangunan ini membuktikan bahwa Pemprov Sulut selalu berusaha tetap mengedepankan pembangunan infrastruktur secara merata, tidak hanya di ibukota provinsi namun sampai ke Bolmut sebagai wilayah yang terletak di paling barat yang secara geografis berbatasan langsung dengan Provinsi Gorontalo,” kata Tamengkel

Plt. Kadis PUPR Sulut AH Tamengkel meletakkan batu pertama

Sebagai pintu gerbang arus masuk pendatang dan investor dari bagian barat yang akan masuk ke daerah lain di Sulut, Pemprov mengharapkan kabupaten ini terlihat maju karena pembangunanya. Selain itu tersedia sarana dan prasarana pendukung kegiatan keagamaan bagi masyarakat muslim yang bermukim di Bolmut.
Pembangunan gedung Islamic Center ini, katanya, adalah agar terwujudnya fasilitas memadai dan dapat menunjang kegiatan keagamaan di Bolmut. Pembangunan sarana prasarana ini akan dikerjakan sesuai dengan apa yang telah direncanakan dari sisi kualitas, volume, biaya dan ketepatan waktu pelaksanaan pekerjaan, sehingga semua komponen pendukung gedung ini akan terlaksana dengan baik.

Bupati Depri Pontoh bersiap meletakkan batu dasar untuk pondasi Islamic Centre

Bupati Bolmut Depri Pontoh menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Pemprov Sulut yang telah memberikan perhatian ke Bolmut. Katanya, masyarakat Bolmut merasa bangga dan bahagia menyaksikan satu wujud perhatian dari Pemprov Sulut yang membangun gedung Islamic Center di Bolmut.
“Ini merupakan sumbangsih nyata dan kepedulian Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut yang turut serta melaksanakan pembangunan di daerah ini secara terpadu. Ini merupakan bukti bahwa tidak ada pembangunan hanya dilaksanakan oleh pemerintah daerah saja, namun juga perlu dukungan dari pemerintah provinsi ,” kata Pontoh.
Sekadar referensi, Gedung Islamic Center Bolmut ini dibangun di tanah seluas 750 M2 milik Pemkab Bolmut. Bangunan seluas 900 M2 dengan konstruksi 2 Lantai.
Dana pembangunan bersumber dari APBD Sulut 2021 dengan pagu Rp5 miliar. Setelah dilakukan lelang terbuka di LPSE, perusahaan pemenang dan selanjutnya dikontrak Dinas PUPR Sulut adalah CV Deo Victory. Nilai kontrak sebesar Rp4.969.254.641. Sesuai kontrak juga gedung ini harus dikerjakan selama 120 hari kalender, terhitung mulai 3 September 2021 sampai 31 Desember 2021. Bangunan 2 lantai ini terdiri atas 1 Ruang Pimpinan, 6 Ruang Organisasi Keagamaan, dan 1 Ruang Rapat.
Turut hadir pada peletakan batu pertama ini, di antaranya Forkopimda Bolmut, pejabat di Pemkab Bolmut, Kabid Cipta Karya PUPR Sulut Hengky Manumpil, Kasubbid Bangunan Gedung Pricilia Besouw, dan tokoh adat serta tokoh-tokoh agama di Bolmut.(red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.