Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

ASN Sulut Harus Punya Digital Mind untuk Melayani Publik

×

ASN Sulut Harus Punya Digital Mind untuk Melayani Publik

Sebarkan artikel ini
Para pejabat eselon II Pemprov Sulut mengikuti pembukaan, dan turut menyaksikan, Expo Aksi Perubahan PKA Angkatan I 2021.

MANADO-Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan I Tahun 2021 lingkup Pemprov Sulut memamerkan inovasi aplikasi berbasis digital di Expo Aksi Perubahan 2021, di Aula Mapalus, Kantor Gubernur Sulut, Senin (27/9/2021). Pameran ini merupakan ekspose hasil inovasi proyek perubahan sebagai syarat untuk peserta Diklat Pim III tersebut.
Menurut Asisten bidang Administrasi Umum AG Kawatu, kegiatan yang digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulut tersebut sebagai satu lompatan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam mengasah SDM dalam mendukung program pelayanan pemerintahan.
“Para peserta masing-masing sudah memperlihatkan inovasi pelayanan publik berbasis digital sesuai dengan tugas dan fungsinya dalam mendukung pelayanan publik,” kata Kawatu yang mewakili Gubernur Sulut dalam pembukaan kegiatan tersebut.
Kawatu menyebutkan inovasi dari para peserta yang terpilih dalam Expo Aksi Perubahan 2021 akan masuk dalam sistem program Pemprov Sulut. “Dan inovasi tersebut akan didanai dengan APBD Tahun Anggaran 2022,” bebernya.
Untuk syaratnya, kata Kawatu, inovasi aplikasi yang dipilih benar-benar mendukung penyelenggaraan roda pemerintahan dan pembangunan daerah.
“Apa yang ditampilkan dalam Expo ini, merupakan gambaran menyeluruh tentang bentuk inovasi yang mengarah pada pemberian dukungan terhadap penyelenggaraan pemerintahan. Terutama dalam peningkatan efektivitas dan efisiensi pelayanan publik di jajaran Pemprov Sulut,” paparnya.
Selain itu, tambah Kawatu, tentunya Expo ini menjadi sarana bertukar informasi bagi seluruh komponen penyelenggara pemerintahan di Provinsi Sulawesi Utara untuk sama-sama melihat masa depan daerah ini.
“Saya mengharapkan Expo ini berjalan dengan baik dan mencapai tujuan serta sasaran-sasaran yang telah ditetapkan,” tutupnya.
Sebelumnya, Kepala BPSDM Daerah Provinsi Sulut, Marhaen Royke Tumiwa mengatakan, inovasi aplikasi yang ditampilkan para peserta merupakan akumulasi dan internalisasi proses pembelajaran para peserta kurang lebih dua bulan mereka bersama-sama mengikuti empat agenda.
Empat agenda itu adalah Kepemimpinan Pancasila dan Nasionalisme, Kepemimpinan Kinerja, Manajemen Kinerja, dan Aksi Perubahan.
“Selama proses pembelajaran mereka telah ditempa dengan berbagai ilmu. Dan hari ini mereka membuktikan bahwa selama proses pembelajaran, mereka telah ikuti dan menyimak, bahkan telah terjadi internalisasi terhadap diri mereka masing-masing dalam Pelatihan Kepemimpinan Administrator,” jelasnya.
Salah satu birokrat senior Pemprov ini menambahkan bahwa pada sistem manajemen kinerja para administrator ini, semua peserta dituntut untuk memberikan suatu perubahan kinerja terhadap instansi mereka.
“Boleh-boleh saja melakukan kerja-kerja manual, kerja kerja konvensional, tetapi harus diawali dengan perubahan mindset yaitu harus memiliki digital mind,” ujar mantan Kepala BKD Sulut ini.
Tumiwa berharap, personal point of view dapat memberikan pandangan dan pendapat terhadap inovasi aplikasi para peserta di kegiatan Expo 2021.
“Tentunya dengan kegiatan Expo 2021 Aksi Perubahan ini berdampak positif bagi pelayanan publik, di mana masyarakat mudah memperoleh informasi melalui pelayanan prima para ASN sesuai kebutuhan,” tandasnya.
Kegiatan ini dihadiri para pejabat teras Pemprov Sulut dan para peserta Expo Aksi Perubahan PKA Angkatan I 2021.(hdr/red)

::PESERTA EXPO AKSI PERUBAHAN PKA 2021::
JOHNY A. SUAK                           –SIPOMAS
EDWIN S. MONDING                 –SI LAHAN
DEBBIE M. MAMANGKEY        –PORTAL PENDIDIKAN INDONESIA
VERA PINONTOAN                     –SIMAYANI
GRAVE T. ELVIS MATANTU     –Siap ESDM
AGNES REMBET                          –SIDAK RANMOR MINUT
ROMMY C. MUAJA                      –SIPETA
NOFRITA KORONGKONG         –SIRANSEL
TENDA M. WUNGOW                 –PENTAS PEGAWAI
DAVY KAWENGIAN                     –MANAJEMEN ASET SPAM
PATRICIA MAWITJERE              –BUDAYA TORANG
MARCELL WAKKARY                  –SiKKOn
ALFRETS RONY OWU                 –ULA KRING
JEANETTE LAPIAN                     –PEDOMAN LAYANAN PENGAWASAN OPTIMALISASI RETRIBUSI OBJEK WISATA
NI LUH PUTU ANI                      –GB ULA
HAROLD LUMEMPOUW           –Siluman Darat
MARTHEN KANDOU                  –Si- ODSK
ALBERT N. JACOBUS                  –SEDAB
KARIMUN PANGARIBUAN        -APLIKASI LAPOR BENCANA SULUT
RIDWAN IBRAHIM                       –SILAKSA BANGUN
SYSILLIA DEBY PONDAAG         –SIRENA
WALTER MUNTIAHA                  –SIMANTAP
VALENTINO SINAGA                   –SITRAB