Amankan Jalan Nasional di Bolsel, BWSS 1 Bangun Pengaman Pantai Lungkap

Bangunan sisi pengaman jalan nasional

BOLSEL — Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi 1 telah menyelesaikan pembangunan pengaman pantai Desa Lungkap, Kecamatan Pinolosian, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel). Proyek yang dibiayai APBN 2021 tersebut juga menyediakan tambatan perahu untuk masyarakat nelayan Desa Lungkap.

Kepala BWS Sulawesi 1 Komang Sudana melalui PPK Sungai dan Pantai Ronny Rudson mengungkapkan, pengaman pantai tersebut sangat dibutuhkan karena ombak setiap musim angin selatan selalu mengancam fasilitas publik dan pemukiman di desa tersebut.

Bangunan pengaman pantai sisi pemukiman warga

“Pantai Lungkap sepanjang jalan nasional di pantai timur di desa tersebut. Makanya dibangun pengaman pantai agar jalan nasional aman dari ancaman gerusan ombak, apalagi saat angin selatan,” ujar Rudson, pekan lalu.

Pengaman pantai yang dibangun oleh PT Mitra Sejahtera Mulia dengan nilai kontrak Rp7,7 miliar itu sepanjang 498 meter, dan tambatan perahu sepanjang 144 meter.

Tambatan perahu

“Tambatan perahu juga dibangun untuk mengamankan perahu-perahu nelayan di sana. Karena selama ini kalau sedang bergelombang, perahu mereka terancam dan sebagian besar diamankan ke atas jalan,” ungkap Rudson.

Saat ini pekerjaannya telah selesai 100 persen. Atas nama BWS Sulawesi 1, Kepala Satker PJSA Novie Ilat berharap masyarakat terbantu dengan pembangunan fasilitas ini.

“Semoga sudah berkurang kekhawatiran masyarakat, khususnya di Desa Lungkap, atas ancaman ombak setelah dibangun pengaman pantai ini,” kata Ilat.(red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.