Kejutan OD-SK di Rolling Jelang Akhir Tahun

Talumepa-Gagola Staf Ahli, Clay dan Duo Jemmy Naik Level

Pelantikan eselon II dan eselon III yang dipimpin Wagub Steven Kandouw

MANADO — Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw (OD-SK) mewujudkan komitmennya membongkar kabinet Sulut Hebat. Jumat (26/11/2021) telah dilantik dan diambil sumpah 11 pejabat tinggi pratama atau eselon II, dan 13 pejabat administrator atau eselon III.

Pelantikan yang dipimpin Wagub Steven Kandouw itu juga dalam rangka pelantikan Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulut, A.G. Kawatu yang saat ini menjabat sebagai Asisten III. Sebelumnya, Sekdaprov Edwin Silangen telah mengakhiri masa bakti pada 1 November 2021.

Rolling kali ini cukup mengejutkan meski sudah lama diembuskan. Pasalnya, sejumlah nama yang tidak diprediksi, tenyata ada yang masuk dan keluar dari jabatan.

Seperti Kepala Badan Perbatasan Jemmy Gagola ‘tercabut’, dan digantikan birokrat sedaerah (Talaud) yakni Jetty Pulu yang sebelumnya adalah Staf Ahli Gubernur Kemasyarakatan dan SDM. Demikian juga Femmy Suluh (Kepala BKD), masuk jadi Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), yangs sebelumnya disebut-sebut akan ditempati Sekkab Bolmut Asripan Nani. Namun Asripan mendapat pos sebagai Kadis Perpustakaan dan Arsip.

Demikian juga dua kepala biro senior: Karo Pemerintahan dan Otda Jemmy Kumendong dipromosi menjadi Kepala Dinas PMPD menggantikan Roy Mewoh—yang dalam persiapan pensiun. Sementara Karo Pengadaan Barang dan Jasa Jemmy Ringkuangan naik level ke Kadis Kehutanan, yang selama ini dipegang Pelaksana Tugas (Plt) oleh Rainier Dondokambey. Rainier masuk ‘Gedung Putih’ menjadi Plt. Kepala Biro Umum yang ‘ditinggalkan’ Clay Dondokambey untuk menempati posisi lebih tinggi (promosi) jadi Kepala BKD.

Wagub Kandouw dalam sambutannya mengatakan bahwa pelantikan ini masih merupakan tahap pertama. Nantinya akan disusul tahap berikutnya.

“Kata Pak Gubernur perlu hitungan empiris dan komprehensif. Dan ini merupakan bagian dari meritokrasi, dengan pertimbangan yang banyak,” ujar Wagub.

Kandouw juga meminta pejabat-pejabat yang dilantik agar segera bekerja. Karena dia menilai pejabat-pejabat ini telah melalui dan menjalani tour of duty. “Langsung kerja saja. Penyerapan anggaran dipercepat, selesaikan sisa kerja tahunan,” ujarnya.(red)

Pejabat yang Dilantik

A.G. Kawatu – Penjabat Sekdaprov

Ch. Talumepa – Staf Ahli Pemerintahan

Jemmy Gagola – Staf Ahli Kemasyarakatan

Femmy Suluh – Kepala BKAD

Ferry Sangian – Kaban Kesbangpol

Janny Lukas – Kadis Kebudayaan

Jetty Pulu – Kaban Perbatasan

Clay Dondokambey – Kepala BKD

Jemmy Ringkuangan – Kadis Kehutanan

Jemmy Kumendong – Kadis PMPD

Stevans Liow – Kadis Kominfo PS

Asripan Nani – Kadis Perpustakaan dan Arsip

Pelaksana Tugas

Weldy Poli –   Plt. Karo Pemotda

Wanda Musu – Plt. Karo PBJ

Rainier Dondokambey – Plt. Karo Umum

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.