PLN Mulai Operasikan SPKLU Megamas Manado

Peresmian oleh para pejabat PLN, Wali Kota Manado, dan Asisten II Pemprov Sulut

MANADO – Pengoperasian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) wilayah Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara (Sulmapana) telah dimulai serentak sejak Senin (17/01/2022). Untuk wilayah Suluttenggo diresmikan oleh Wali Kota Manado Andrei Angouw, di Kawasan Megamas Manado.

SPKLU di Kawasan Megamas Manado ini pun menjadi yang pertama di Provinsi Sulawesi Utara.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo (UIW Suluttenggo) Leo Basuki mengatakan, PT PLN Persero siap mendukung program pemerintah terkait dengan percepatan implementasi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB).

“Dukungan ini dilakukan dengan cara terus berupaya menyiapkan sumber daya yang cukup untuk kebutuhan human electric cycle ini. Untuk menyukseskan program ini, PLN berkomitmen untuk memastikan ketersediaan infrastruktur pengisian energi kendaraan listrik ini,” ujar Leo di sela peresmian.

Peresmian dan kegiatan ini juga dilakukan serentak di 5 kota lainnya sepert di Kendari, Ambon, Labuan Bajo, Mataram, dan Jayapura

SPKLU Kawasan Megamas Manado

Sekadar referensi, di Kawasan Megamas tersebut terdapat 2 unit SPKLU dengan kapasitas daya masing-masing 25 kilo Watt (kW) dan 7 kW. Kedua unit ini terintegrasi dengan fitur Charge.IN yang ada di aplikasi PLN Mobile.

Selain 2 unit yang ada di Kawasan Megamas, ada juga 1 unit yang beroperasi di samping Kantor PLN UIW Suluttenggo dan terbuka untuk umum.

“PLN juga punya lebih dari 100 kendaraan listrik yang dipakai untuk operasional di Sulut. Rencananya kami juga akan menambah 3 SPKLU di Sulut dan Gorontalo,” katanya.

Leo juga mengungkapkan, selain SPKLU, PLN juga sudah menyediakan Stasiun Penyedia Listrik Kapal Sandar (SPLiKS) yang merupakan hasil kerjasama PLN dan PT Pelabuhan IV Manado.

Kehadiran SPLiKS ini menjadi bagian dari program Electrifying Marine dalam upaya PLN mendukung pengembangan pelabuhan ramah lingkungan atau green port.

“Ada juga SPLU tapi untuk perairan. Ada anjungan listrik mandiri, Stasiun Penyedia Listrik Kapal Sandar atau SPLiKS. Kami yakin dalam waktu dekat, kapal boat listrik akan segera hadir di Sulawesi Utara. Kami harap infrastruktur yang PLN bangun tidak hanya mendukung transisi energi, tapi juga memicu masyarakat untuk menggunakan kendaraan istrik,” kata Leo.

Wali Kota Manado Andrei Angouw menyatakan dukungannya atas inisiasi PLN dalam menghadirkan SPKLU di Manado. “Kami berharap SPKLU ini nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Manado dalam upaya mempercepat transisi energi, khususnya oleh PLN,” kata Angouw.

Hadir dalam peresmian ini Executive Vice President PLN Edison Sipahutar, Executive Vice President Regional Sulmapana, GM PLN UIKL Sulawesi Munawar Furqan, Asisten II Setdaprov Sulut Praseno Hadi, Wadir Binamitra Polda Sulut AKBP Prasetya Sejati SIK, serta perwakilan direksi Nissan dan Hyundai sebagai produsen mobil listrik.(hdr/red)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.