Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Swab Antigen di Pelabuhan Tahuna dan Bandara Naha Dihentikan

×

Swab Antigen di Pelabuhan Tahuna dan Bandara Naha Dihentikan

Sebarkan artikel ini
dr. Handry Pasandaran, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Sangihe

TAHUNA – Terhitung mulai hari ini, Kamis (24/02/2022) kegiatan swab antigen oleh Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sangihe di Pelabuhan Nusantara Tahuna dan Bandara Naha dihentikan. Kegiatan selanjutnya akan menunggu instruksi dari Menteri Dalam Negeri terkait pemberlakuan PPKM Level IV.

Hal tersebut diungkapkan Koordinator Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Sangihe, dr Handry Pasandaran, kepada www.gosulut.com, di Tahuna, Kamis (24/2/2022).

“Kegiatan swab antigen yang diberlakukan bagi warga pendatang, dalam hal ini penumpang kapal laut dan penumpang pesawat di Pelabuhan Nusantara Tahuna dan Bandara Naha, resmi dihentikan. Soal pemberlakuan pembatasan level IV selanjutnya, akan menunggu instruksi dari Mendagri,” ujar Pasandaran.

Meski demikian, Pasandaran yang juga Kepala Dinas Kesehatan Sangihe itu, mengingatkan kepada warga pendatang yang masuk ke Sangihe dengan kapal laut maupun pesawat, wajib mematuhi protokol kesehatan (Prokes), tetap menggunakan masker dan menghindari kerumunan.

Dia juga menjelaskan, yang dijadikan acuan pemberlakukan PPKM level IV di Sangihe baru sebatas rilis dari Satgas Covid-19 Provinsi Sulut, sedangkan pemberlakukan pembatasan selanjutnya akan menunggu instruksi Mendagri, yang nantinya akan dijabarkan dengan Surat Edaran Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, tentang pemberlakukan PPKM level IV.

Pasandaran juga menambahkan, jika nantinya Instruksi Mendagi sudah turun dan telah dijabarkan dengan surat edaran Bupati, maka pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Manado dan Bandara Sam Ratulangi, untuk lebih memperketat Prokes bagi penumpang kapal laut dan pesawat yang akan berangkat menuju Sangihe.(nal)