Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Program OD-SK Kembangkan Ekosistem Inovasi Bakal Bawa Sulut Makin Melejit

×

Program OD-SK Kembangkan Ekosistem Inovasi Bakal Bawa Sulut Makin Melejit

Sebarkan artikel ini

MANADO – Kerja keras Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wagub Drs Steven OE Kandouw (OD-SK) dalam membangun daerah akan membawa Provinsi Sulawesi Utara makin maju.

Demikian intisari Talkshow OD-SK Development Innovation Ecosystem North Sulawesi, Senin (28/02/2022), yang menampilkan pembicara Toronata Tambun, ST, MM, MBA; Co-Founder and Board Member Emanuel Business Association, Sherly America Gosal; dan dipandu oleh Kadis Kominfo-Persandian dan Statistik Sulut Steven Evans Liow SSos MM.

Toronata Tambun, salah satu pemateri, mengatakan ia optimis Sulut akan semakin maju di bawah sentuhan tangan dingin OD-SK.

“Saya optimis program OD-SK development innovation ecosystem North Sulawesi (program pengembangan ekosistem inovasi OD-SK) akan menghantarkan Sulut menemukan comparative advantage-nya dan niscaya akan keluar dari middle income trap karena leader yang agile, inovatif dan anti-fragile, berpikir sistem dinamis. Khusus di Sulut yang power distance index-nya tinggi, leadership adalah rumusan sukses,” ungkap Alumni of Harvard Business School, ini.

Hal yang sama disampaikan Sherly America Gosal. Menurut Gosal, upaya yang dilakukan OD-SK selama ini adalah solusi bagi Indonesia dari Sulawesi Utara.

“Mengapa industri internasional sulit masuk karena inovasi di daerah kurang memadai. Bahkan di satu sisi regulasi sering menghambat investasi, dan di sisi lain kita sering kehilangan peluang karena ekosistem bisnis tidak dibangun,” terang Gosal.

Untuk itu OD-SK Development innovation Ecosystem North Sulawesi, tambah dia, adalah pilar utama membawa perubahan yang fundamental dalam pengembangan dunia usaha baru menuju dunia industri.

Hal ini bukan hanya mendorong terciptanya lapangan kerja atau usaha baru, melainkan akan tercipta budaya kerja baru yang didukung profesionalisasi bekerja dalam masyarakat.

Selain itu, hal ini menjadi babak baru membangun peradaban baru yang didukung local wisdom.

“Artinya Sulut akan semakin siap ke depan, dan di bawah kepemimpinan ODSK Sulut akan lebih siap memasuki dunia industri 5.O,” tutup Gosal.

Dialog ini dibuka Sekdaprov Sulut, Asiano Gamy Kawatu SE MSi mewakili Gubernur. Menurut Kawatu, di era kekinian, Informasi Teknologi (IT) diperlukan berbagai lini, terlebih dunia bisnis.

Sekdaprov menegaskan bahwa OD-SK selalu mengimbau agar publik berkawan dengan kemajuan.

“Dan mari kita raih keuntungan dari kemajuan zaman ini, jangan justru terlindas,” ujarnya.

Kawatu berharap, dialog interaktif tersebut bisa menginspirasi banyak orang dan menghasilkan sesuatu yang positif bagi Sulut.

“Pasti banyak manfaat diperoleh. Mari kita aplikasikan untuk pembangunan Sulut ke depan,” ajaknya.

Ia turut menyampaikan harapan dari Gubernur dan Wagub agar semua peserta diskusi mendapat banyak ilmu melalui talk show.

“Yang mau memberikan masukan juga kami tunggu. Ini akan menjadi modal berharga menjadikan Sulut semakin maju, sejahtera, hebat dan paling utama demi kemaslahatan banyak orang,” tandasnya.(red)