Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

HAD 2022, BWS Sulawesi I Gelar Webinar Pengelolaan Air Tanah di Sulut

815
×

HAD 2022, BWS Sulawesi I Gelar Webinar Pengelolaan Air Tanah di Sulut

Sebarkan artikel ini

MANADO – Memperingati Hari Air Dunia (HAD) 2022, Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi I Sulawesi Utara menggelar seminar daring atau webinar tentang air tanah. Seminar dengan tema: “Potensi dan Pengelolaan Air Tanah di Sulawesi Utara” itu akan digelar pada Kamis (24/03/2022) pukul 10 pagi hingga selesai lewat platform Zoom.

Menurut Kasatker Operasi dan Pemeliharaan BWS Sulawesi 1 DR. Iskandar Rahim menyebutkan webinar ini mengambil tema sesuai tema nasional HAD 2022 yakni Melestarikan Air Tanah agar Berkesinambungan (MANTAB). Sementara untuk narasumber terdiri dari para pakar dan pimpinan instansi pemerintah. Antara lain: sebagai keynote speech Ir Iriandi Azwartika SP-1 (Direktur Air Tanah dan Air Baku Ditjen SDA); Kepala Balai Teknik Air Tanah Kementerian PUPR DR. Ahmad Taufik ST, MT, Ph.D; Praktisi Air Tanah Ditjen SDA Ir. Wahyu Hartono Dipl.HE: Dekan Fakultas Teknik Unsrat Prof. DR. Fabian Manoppo; Kepala Dinas ESDM Sulut Drs. Fransiscus Maindoka, dan Kepala BWS Sulawesi I Ir. Komang Sudana MT. Webinar ini akan dimoderatori DR. Iskandar Rahim.

Menurut Kepala BWS Sulawesi I Komang Sudana, masalah terkait air tanah cukup banyak dan mengancam kelestarian lingkungan. Makanya, pemecahan masalahnya tidak dapat diselesaikan hanya melalui pembangunan infrastruktur oleh pemerintah. “Namun perlu adanya partisipasi langsung dari masyarakat, akademisi, dan pihak swasta untuk ikut menjaga dan melestarikan air tanah sehingga kualitas dan kuantitasnya dapat terjaga dengan baik,” kata Sudana.

“Untuk itu webinar soal air tanah ini diharapkan menjadi pencerahan kepada semua pihak di Sulawesi Utara, sehingga ada kepedulian menjaga dan tidak serampangan mengelolanya,” kata Iskandar menambahkan.(red)