Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Pemkab Isi Lumbung Pangan di Bolmong

×

Pemkab Isi Lumbung Pangan di Bolmong

Sebarkan artikel ini

BOLMONG—Pemerintah Kabupaten Bolmong mengisi lumbung pangan melalui pemberian bantuan sebesar 15 ton beras untuk tiga kelompok di 3 desa yang tersebar di 3 kecamatan. Penyerahan bantuan tersebut diserahkan Sekretaris Kabupateb Tahlis Gallang SIP MM yang mewakili Penjabat Bupati Bolmomg Limi Mokodompit di Desa Mopugat Utara Kecamatan Dumoga Utara Kamis (9/6) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut Sekkab mengatakan dibentuknya kelompok lumbung pangan bertujuan untuk memberdayakan masyarakat. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah, baik bersifat jangka pendek maupun jangka panjang mengacu pada permasalahan utama yang terjadi selama ini. Yaitu tingginya disparitas harga antara produsen dan konsumen yang mengakibatkan keuntungan tidak proporsional bagi pelaku usaha. “Harga yang tinggi di tingkat konsumen tidak menjamin petani mendapatkan harga yang layak, Sehingga diperlukan keseimbangan harga yang saling menguntungkan, baik di tingkat produsen maupun tingkat konsumen,” kata Sekda Bolmong saat menyampaikan sambutan.

Tahlis menambahkan, berdasarkan permasalahan diatas, Pemerintah daerah melakukan terobosan sebagai solusi permanen dalam mengatasi gejolak harga pangan yaitu melalui kegiatan Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) yang didalamnya berisi lumbung pangan masyarakat (LPM). “Peran LPM secara tidak langsung berperan dalam mengatasi anjloknya harga pada masa panen dan tingginya harga pada saat paceklik dan menjadi instrumen yang dibuat pemerintah untuk menahan gejolak harga dalam situasi tertentu, merupakan mekanisme yang  berkelanjutan baik pada saat situasi suplai melimpah dan kurang atau sebagai stabilisator, dalam menjaga pasokan pangan pemerintah bersama masyarakat,” jelasnya.

Terpisah Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bolmomg I Wayan Mudiyasa menambahkan, 3 kelompok yang mengelola cadangan pangan masyarakat (CPM) terdapat di 3 kecamatan. Yakni Kelompok lumbung pangan masyarakat Tirto Sidomulyo yang terdapat 3 di desa Mopugad Utara Kecamatan Dumoga Utara. Selain itu kelompok lumbung pangan masyarakat Maju Bersama di desa Gogaluman Kecamatan’ Poigar. Dan Kelompok lumbung pangan masyarakat Cempaka di desa Cempaka Kecamatan Sangtombolang. I Wayan menambahkan, pengisian lumbung pangan masyarakat ini Pemda Bolmong telah bekerja sama dengan Perum Bulog Cabang Bolaang Mongondow. “Sumber dana pengisian lumbung pangan masyarakat ke 3 kelompok Tahun anggaran 2022 yang bersumber dari APBD senilai Rp170,000,000,” pungkasnya. (adv)