Erlangga dan Tirza Jadi Duta GenRe Sulut 2022

MANADO – Setelah melalui penilaian yang cukup ketat, Dewan Juri akhirnya memilih Surya  Erlangga  dan Tirza Lolowang sebagai  Duta  Genre Sulawesi Utara 2022. Kedua peserta dari Manado ini mampu memukau Dewan Juri dari tahap penyisihan hingga grand final yang digelar di Taman Kesatuan Bangsa Manado, Sabtu (18/06/2022) malam. Surya dan Tirza mengungguli 25 peserta lainnya.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara Ir.Diano Tino Tandaju,M.Erg dalam sambutan yang disampaikan oleh Plh dr. Alfrida Bayang, M.Kes mengatakan BKKBN mengembangkan program Generasi Berencana (GenRe), yang ditujukan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pendewasaan usia perkawianan. Program GenRe, jelasnya, adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda.

“Remaja saat ini akan menjadi bagian dari Generasi Emas Indonesia, generasi yang pada tahun 2045, saat Indonesia memasuki 100 tahun Merdeka, diharapkan akan menjadi leader yang bertanggung jawab, generasi yang kompetitif, produktif, inovasi, cerdas dan damai dalam berbagai situasi dan kondisi,” katanya.

Dan, setelah mengikuti berbagai kegiatan dan menerima materi, untuk itu siapapun yang terpilih (jadi Duta GenRe) diharapkan mampu menjadi role model dalam meningkatkan pemahaman remaja tentang ketahanan remaja dengan selalu mengkampanyekan TIDAK pada Nikah Usia Dini, Seks Pra Nikah, dan NAPSA.

Alfrida Bajang yakin bahwa Erlangga dan Tirza layak menjadi Duta GenRe 2022 karena sebelumnya  terkenal  aktif  dalam kegiatan PIK-R yang ada di Sulawesi Utara.

“Kami berharap Duta GenRe yang terpilih, terutama yang meraih juara, mampu memberikan sumbangsih dan berperan aktif dalam program Banggakencana yang terkait dengan program Ketahanan Remaja, dan meningkatkan pengetahuan, sikap, perilaku dalam Pengelolaan  Pelayanan di  PIK-R, juga peningkatan kreativitas para remaja dalam  pengembangan kegiatan yang edukatif dalam rangka sosialisasi dan promosi program ketahanan remaja,” imbuh Alfrida.

Rosillia Bionda Wowiling, SSos, MSi sebagai Sub Koordinator Ketahanan Remaja dalam laporannya menjelaskan peserta  yang  mengikuti ajang Apresiasi Duta Genre ini berjumlah 27 orang dari seluruh Sulut. Mereka ditempa dengan beberapa kegiatan dan pembekalan  dengan materi yang diberikan oleh para narasumber.

Malam Grand Final Apresiasi Duta Genre Provinsi Sulawesi Utara dihadiri pula oleh Kadis PPKB Kota Manado Ir. Meisje Wollah, MSi, Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara Lady. D. Ante, SPd, MAP, dan  para juri yang terdiri dari:  Koordinator

Bidang KS/PK BKKBN Sulut dr. Jeanny Y Winokan, MAP, DR. Praysi Sibi,MSi (HIMPSI  Sulut), Astris Kumentas, SSos (Ikatan Nyong Noni Sulut), dan Bennedict Narande SH (Duta Mahasiswa Genre Tahun 2013).(red)

Duta GenRe Sulut 2022

JUARA 1

Putra : Surya Erlangga (Manado)

Putri : Tirza Lolowang (Manado)

JUARA 2

Putra : Vickers Sumakud (Minut)

Putri : Kanaya Tupang (Kotamobagu)

JUARA 3

Putra : Nabil Makalalag (Kotamobagu)

Putri : Andi Putri Guraysa (Boltim)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.