PLN Bangun Rumah Pintar Untuk Pengembangan Pendidikan di KEK Likupang

MANADO – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Suluttenggo menyerahkan bantuan Rumah Pintar serta sarana penunjang lainnya untuk pengembangan wisata Desa Budo, Minahasa Utara. Pemberian bantuan ini yang merupakan bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang merupakan bagian dari program PLN Peduli.

Lewat pemberian bantuan ini, PLN Peduli menunjukkan keikutsertaannya dengan menggandeng Pangkalan Utama TNI AL VIII Manado dan Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara serta masyarakat sekitar, untuk turut meningkatkan potensi wisata desa yang dibuktikan dengan melakukan pembangunan rumah pintar dan sarana penunjang berupa komputer, smart televisi, akses internet berupa Wifi, buku bacaan dan rak buku senilai Rp150 Juta.

Desa Budo yang lokasinya berdekatan dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang, yang juga merupakan salah satu dari 5 “Destinasi Super Prioritas” yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia, menarik minat PLN untuk dikembangkan. Upaya ini dalam menunjang program Sulawesi Utara sebagai Pintu Gerbang Destinasi Wisata di Asia dan Pasifik, serta pemberdayaan masyarakat yang nantinya bisa mendukung kawasan wisata ini dengan konsep ekowisata yang dapat menaikan tingkat ekonomi masyarakat serta dapat mengembangkan sektor pendidikan di sekitar.

Saat ini Desa Budo juga tengah mengembangkan wisata mangrove dengan melibatkan seluruh masyarakat sekitar dan pemerintah desa yang secara gotong royong mengoptimalkan operasional destinasi rekreasi yang berada di sekitar.

General Manager PLN UIW Suluttenggo, Leo Basuki berharap bantuan ini dapat menjadi media yang nantinya akan membantu memajukan dan menambah wawasan masyarakat di lokasi sekitar.

“Semoga bantuan ini dapat berkontribusi terhadap masyarakat dan lingkungan untuk dapat menambah wawasan pengetahuan dengan adanya taman bacaan. Program yang merupakan wujud nyata PLN Peduli dalam dunia pendidikan di Desa Budo tidak akan tercapai apabila tidak terciptanya hubungan yang harmonis dengan para stakeholders, masyarakat, serta pelaku usaha,” ucap Basuki.

Apresiasi terhadap bantuan program tersebut disampaikan langsung oleh Lisbeth Lintogareng, Kepala Desa Budo. Lisbeth dalam penyampaiannya menyebutkan bahwa Rumah Pintar ini merupakan sarana peningkatan minat baca masyarakat sehingga mutu pendidikan antara kota dan desa bisa setara.

“Terima kasih PLN, kami seluruh masyarakat desa sangat antusias dengan hadirnya bantuan ini. Semoga bisa meningkatkan pengembangan Wisata Budo yang menjadi kawasan destinasi wisata edukatif,” tutur Lisbeth.

Sekadar referensi, Rumah Pintar di Desa Budo menjadi satu dari sekian program PLN Peduli yang mendukung sektor pendidikan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Berbagai hal menarik lainnya tentang Program PLN Peduli pun dapat ditemukan langsung dari aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh secara gratis dari Play Store dan App Store.(red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.