Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Tinjau Lokasi Bencana Alam di Amurang, Gubernur Siapkan Bantuan 6 Miliar

×

Tinjau Lokasi Bencana Alam di Amurang, Gubernur Siapkan Bantuan 6 Miliar

Sebarkan artikel ini
Gubernur di dekat lokasi bencana

AMURANG – Bencana alam abrasi pantai di Amurang telah menyebabkan kerugian di banyak aspek. Selain kerusakan infrastruktur, juga mengakibatkan banyak rumah penduduk amblas tanpa bekas. Kondisi ini membuat Pemprov Sulut memberi perhatian serius.

Bencana yang terjadi di Minsel ini belum usai. Hasil penelitian diperkirakan masih akan terjadi  bencana serupa di sekitar lokasi tersebut. Makanya, masyarakat tepian pantai diminta lebih waspada dan extra hati-hati. Dan tentu masih memerlukan uluran tangan bagi kita semua.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey berkenan mengunjungi sejumlah titik di Minsel. Antara lain lokasi bencana, tempat pengungsian, hunian sementara (Huntara), dan lokasi untuk relokasi tetap rumah-rumah yang kena dan terancam abrasi.

Dalam kunjungan itu Gubernur juga membawa bantuan untuk para pengungsi.

Gubernur Olly mengatakan  Pemprov Sulut menyiapkan bantuan sebesar Rp.6 miliar” Nantinya dibagi, 5 miliar untuk pembangunan infrastruktur dan sisanya dialokasikan bagi kebutuhan korban bencana,” ungkap Gubernur.

Diungkapkan juga, sebelumnya Pemprov Sulut ketika terjadi bencana telah menyalurkan bantuan kepada korban bencana dan menggerakkan Perangkat Daerah terkait turun langsung membantu di lapangan.

Menurut Gubernur targetnya agar ketersediaan tempat  relokasi bagi para korban bencana alam cepat-cepat tersedia. “Pemerintah provinsi menyiapkan Rp 1 miliar untuk pembangunan rumah hunian sementara,” katanya.

Gubernur Olly di Kantor Bupati Minsel usai memantau lokasi bencana mengatakan, Pemprov juga menyiapkan Rp5 miliar. “Sebagian pembebasan lahan dan sebagian pembangunan infrastruktur jalan, supaya mereka (pengungsi) datang ke situ sudah bisa dan lahannya sudah siap,” katanya.

Gubernur Olly menambahkan akan meminta bantuan dari pemerintah pusat untuk pembangunan rumah hunian tetap.

“Tentunya kita melihat hal-hal lain dalam rangka upaya pembangunan pascabencana ini. Kita akan mendorong agar supaya tidak macet (air) di muara sungai itu, akan ada pembangunan satu jembatan (baru). Jalan kita alihkan tidak lagi lewat tempat bencana. Itu target dalam waktu dekat,” terangnya.

Untuk target jangka panjang, katanya, akan dibuat jalan lingkar dari Amurang hingga ke Kapitu.

Dalam kunjungan ini Gubernur didampingi oleh Kepala BKAD Femmy Suluh, Kepla BPBD Joi Oroh, dan Kadis PU Alex Wattimena.

Gubernur Olly dan rombongan  disambut Bupati Minsel Franky Wongkar dan Wakil Bupati Petra Rembang serta Penjabat Sekdakab Minsel Glady Kawatu dan Perangkat Daerah terkait.(adv dkips)