Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Penjabat Bupati Bolmong Resmikan Pura Jagatnatha Eka Kahyangan

1005
×

Penjabat Bupati Bolmong Resmikan Pura Jagatnatha Eka Kahyangan

Sebarkan artikel ini

BOLMONG–Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM disambut meriah oleh umat Hindu di Dumoga. Kunjungan orang nomor satu di Bolmong ini untuk meresmikan Pura Jagatnatha Eka Kahyangan, Desa Dumoga II, Kecamatan Dumoga Timur, Rabu (13/7).

Dalam kesempatan tersebut Bupati mengucapkan selamat merayakan hari raya galungan dan kuningan yang dilaksanakan belum lama ini. “Hari raya galungan dan kuningan ini, diyakini sebagai hari kemenangan Dharma atau kebaikan, melawan adharma atau kejahatan,” ujar Bupati.

Menurut Bupati, suatu kehormatan baginya karena hari ini mendapatkan kehormatan dari umat Hindu di Kabupaten Bolmong untuk meresmikan pembangunan Padmasana Pura Jagatnatha Eka Kahyangan. “Semoga tuhan yang maha esa Ida Sang Hyang Widi Wase memberikan balasan atas apa yang telah dilakukan, serta mendapatkan pahala keberkahan,” kata Bupati.

Bupati menjelaskan, pembangunan pura ini merupakan bagian dari pengembangan sumber daya manusia. Di mana, hal ini dapat memberikan motivasi tersendiri bagi seluruh umat Hindu. “Tentunya, dengan memanfaatkan pura ini untuk melaksanakan sembahyang, guna meningkatkan kesucian hati dan pikiran, menumbuhkan keikhlasan, cinta kasih serta mencapai pencerahan spiritual,” jelasnya.

Dikatakan Bupati, pesan simbolis pada hari ini adalah kebersamaan dan persaudaraan, dimana pura ini tidak dikerjakan seorang diri, tetapi atas dasar persatuan serta kebersamaan umat. “Ibaratnya seperti pasir batu, kayu, besi dan semen, maka semua saling membutuhkan untuk membangun sebuah konstruksi yang kuat. Sehingga, pura ini merupakan wujud saling peduli saudara-saudara saya umat hindu,” pesan Bupati.

Bupati menambahkan, agar dapat manfaatkan tempat suci tersebut untuk meningkatkan sradhadan bakti kepada tuhan yang maha kuasa. “Semoga pura ini dapat dijadikan sarana penyampaian dan penyebarluasan cinta kasih dan kebajikan bagi semua umat manusia,” pungkasnya. (adv)