Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

BWSS 1 Telah Selesaikan Tanggul Sungai, Warga Dumagin: Hidup Kami Makin Tenang

×

BWSS 1 Telah Selesaikan Tanggul Sungai, Warga Dumagin: Hidup Kami Makin Tenang

Sebarkan artikel ini

BOLSEL – Masyarakat Desa Dumagin A dan Desa Dumagin B, Kecamatan Pinolosian Timur, Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) sejak beberapa bulan belakangan mulai ‘hidup tenang dan nyaman’ Pasalnya, ancaman banjir saban musim hujan sudah teratasi dengan telah selesai dibangunnya tanggul banjir Sungai Lobduk dan Yuyak pada medio 2022 ini.

“Tentunya kami di Desa Dumagin A dan Dumagin B sekarang ini sangat senang, karena tanggul itu sebelum masa penghujan pembangunannya sudah selesai. Saat ini air tidak lagi masuk ke dalam rumah, meskipun beberapa kali terjadi hujan cukup deras,” ungkap Kepala Desa Dumagin B, Karmawan Makalalag kepada gosulut.com.

Sosok yang terpilih kembali sebagai Kepala Desa Dumagin B ini mengungkapkan, kondisi banjir yang selalu menggenangi pemukiman warga dua desa tersebut bertahun-tahun, membuat pihaknya sejak tahun 2017 mengajukan proposal permohonan kepada Kementerian PUPR melalui Balai Sungai Sulawesi 1 Sulut.

“Kami memahami bahwa kondisi anggaran terbatas sehingga baru terealisasi tahun 2021,” ungkap Wawan, sapaannya.

Menurutnya, peran mantan Bupati Bolsel Alm Hi Herson Mayulu yang menjadi DPR RI pula sehingga aspirasi ini bisa terealisasi. Katanya, selama almarhum masih aktif – Alm. Hi Herson Mayulu meninggal 17 April 2022 – pemerintah desa selalu berkoordinasi terkait anggaran.

“Alhamdulillah tahun 2021 melalui aspirasi Bapak Herson, usulan kami itu bisa mendapatkan anggaran. Tentunya juga pemerintah desa Dumagin A , Dumagin B beserta seluruh masyarakat  Dumagin Bersatu sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Alm Pak Herson dan Balai Sungai Sulawesi 1 yang sudah menyelesaikan program ini dengan tepat waktu,” ujarnya.

Katanya, dengan selesainya proyek Perkuatan Tebing Sungai Dumagin senilai Rp20,4 miliar tersebut, manfaatnya sudah benar-benar sangat dirasakan oleh masyarakat Dumagin Bersatu.

“Sudah lama kerinduan kami agar sungai segera ditanggul,  karena setiap musim penghujan  air banjir pasti akan masuk ke dalam rumah masyarakat Dumagin A dan Dumagin B. Sekarang hidup kami makin tenang,” katanya seraya menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan pembagunan ini, khususnya Tim dari Satker PJSA BWSS 1 Manado.

Sementara Kepala BWSS 1 Manado I Komang Sudana melalui Kepala Satker PJSA Novie Ilat mengatakan usulan pemerintah dan masyarakat Dumagin untuk penanggulangan banjir di dua desa tersebut menjadi perhatian BWSS 1 Manado sejak diusulkan. Menurutnya, alasan dan kondisi di lapangan sangat layak sehingga usulan itu menjadi perhatian pihaknya.

“Tapi karena kondisi keuangan negara belum memungkinkan, sehungga beberapa kali usulan belum disetujui Kementerian. Nanti usulan 2021 barulah lolos, ditambah juga ada andil Almarhum Pak Herson semasa di DPR RI,” ungkap Ilat.

Sementara PPK Sungai dan Pantai II Ronny Rudson menjelaskan fasilitas yang dibangun antara lain tanggul pasangan batu sepanjang 2.166 meter, tanggul tanah sepanjang 1.020 meter, dan galian lumpur sepanjang 500 meter.

“Pekerjaan pembangunan tanggul itu memang untuk memproteksi dua kampung, Dumagin A dan Dumagin B yang rumahnya selalu digenangi banjir setiap musim hujan. Sekarang, yang kami pantau dan laporan masyarakat, sudah aman dari banjir. Terima kasih juga kepada segenap masyarakat Dumagin Bersatu, sehingga pelaksanaan lancar,” ujar Rudson.(red)