Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Bersama 4 Daerah di Indonesia, Minut Terima Pusat Daur Ulang dan Rumah Kompos di KemenLHK

×

Bersama 4 Daerah di Indonesia, Minut Terima Pusat Daur Ulang dan Rumah Kompos di KemenLHK

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Bupati Minahasa Utara Joune J. E. Ganda, S.E., M.A.P. menghadiri peresmian pusat Daur Ulang dan Rumah Kompos yang digelar oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Selasa (26/07/2022) di Jakarta. Selain Minahasa Utara hadir juga 4 daerah lain dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan bahan Berbahaya Beracun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Dalam rangkaian kegiatan ini, Bupati Minahasa Utara, Joune J.E. Ganda, juga menandatangani prasasti bersama Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah Dan Bahan Berbahaya Beracun KLHK Republik Indonesia, Rosa Vivien Ratnawati. Selain itu juga dilakukan penadatanganan Nota Kesepahaman tentang peningkatan kapasitas pengelolaan sampah, melalui pengembangan fasilitas rumah kompos kapasitas 2 ton per hari.

Menurut Ganda, pengelolaan sampah dibutuhkan inovasi dan kreasi, sehingga bisa bernilai dan berharga. Sampah dari segi ekonomi harus dijadikan bernilai sehingga menjadi motor penggerak perekonomian masyarakat.

“Sampah tidak lagi dianggap sebagai limbah namun harus diubah menjadi sumber berkah, dengan melalui prinsip Reduce, Reuse, Recycle. Dan ini cocok mendukung Minahasa Utara sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas,” kata Joune Ganda didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Minahasa Utara, Marthen Sumampouw.

  1. Turut hadir dalam agenda trrsebut Direktur Penanganan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Novrizal Tahar, Walikota Pariaman, Bupati Kudus, Bupati Lombok Barat, Bupati Magelang, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pariaman, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kudus, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Barat, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang.(red)