Pemprov Salurkan Beras Bantuan Bencana Alam di Boltim

MANADO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) menyerahkan bantuan bagi 53 kepala keluarga (KK) di Kabupaten Bolmong Timur (Boltim) yang terdampak bencana alam beberapa waktu lalu. Penyerahan diwakili Pj Sekdaprov Praseno Hadi, Kamis (28/07/2022) di Lobi Kantor Gubernur.

Bantuan yang diserahkan berupa beras sebanyak 1.060 Kg. Bantuan  diterima langsung oleh Asisten II Setdakab Boltim MR Alung dan disaksikan Kepala Dinas Pangan Daerah Provinsi Sulut Sandra Moniaga. Turut mendampingi Asisten II adalah Camat Motongkad Rosni Mamonto, pemerintah Desa Molobog Timur Sangadi Dolly Mokoagow, serta masyarakat yang terdampak bencana alam banjir bandang.

Praseno Hadi berharap bantuan beras 1,060 Kg dapat dimanfaatkan warga terdampak.

“Ini bukti kehadiran pemerintah di tengah masyarakat sebagaimana dilakukan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) bagi masyarakat Sulut terdampak bencana. Maka dasarnya ini merupakan pencerminan bahwa Sulut selalu memperhatikan seluruh masyarakat jika terjadi rawan pangan di seluruh pelosok Sulut. Jadi, kita harus buktikan bahwa Sulut saat ini ketahanan pangan memadai dan siap mewujudkan kedaulatan pangan,” tutur Praseno Hadi.

Praseno Hadi menegaskan bahwa, intinya pemerintah bersama seluruh komponen masyarakat harus peduli.

“Dan siap baku bantu, baku – baku tolong, gotong royong secara bersama jika ada masyarakat yang terkena musibah. Torang siap baku bantu,” tandasnya.

Sebelumnya, Kadis Pangan Daerah Provinsi Sulut, Ir Sandra Moniaga MSi melaporkan bahwa pemberian bantuan beras ini merupakan upaya strategis guna mendukung penyediaan cadangan pangan dalam menghadapi kekurangan ketersediaan, kelebihan ketersediaan pangan akibat gejolak harga pangan, dan cadangan pangan akibat peristiwa bencana.

“Cadangan pangan dari Pemprov masih tersedia stok sebanyak 218,82. Ton. Pemprov Sulut juga sudah mendorong kab/kota untuk menyediakan stok pangan daerah. Ada 6 kab/kota yang masih tersedia stok pangan yakni Minut, Bolmut, Bolsel, Talaud, Tomohon, dan Minahasa. Sedangkan 9 daerah di Sulut lainnya stok pangan sudah tidak tersedia.

Lanjut Moniaga, sebanyak 53 Kepala Keluarga (KK) di Boltim yang terdampak bencana alam banjir bandang yang akan menerima bantuan dari pemerintah Provinsi Sulut.

“Bantuan diberikan sebanyak 1 Ton 60 kg untuk 53 kepala keluarga (KK) yang terdampak bencana banjir bandang. Adapun bantuan beras ini merupakan cadangan yang disediakan Dinas Pangan Daerah Provinsi Sulut,” ungkap Moniaga.(red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.