Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Rangkaian HUT RI Minahasa, Dibuka Apel Hari Perdana di Bulan Agustus

959
×

Rangkaian HUT RI Minahasa, Dibuka Apel Hari Perdana di Bulan Agustus

Sebarkan artikel ini

MINAHASA—Rangkaian HUT Republik Indonesia di Kabupaten Minahasa dibuka dengan apel Aparatur Sipil Negara (ASN) di hari perdana bulan Agustus. Apel yang dilaksanakan di Kantor Pemkab Minahasa, Senin (1/8) hari ini, dipimpin Sekretaris Kabupaten Frits Muntu.

Muntu saat membacakan sambutan Bupati mengatakan,  memasuki bulan Agustus masyarakat larut dalam suasana yang berbeda, yaitu Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Dimana nuansa Merah Putih kembali menghiasi pelosok negeri, tidak hanya dengan tampilan ornamen dan kemeriahan semata, tetapi lebih dari pada itu semangat 45 kembali menyegarkan kita semua untuk mencintai negeri ini yang menjadi berkat bagi rakyat Indonesia. “Semangat 45 ini akan mewarnai seluruh komponen bangsa, termasuk ASN untuk mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di segala bidang,” ujarnya.

Untuk itu, apel perdana di bulan Agustus ini, menjadi momentum  bagi ASN pemerintah Kabupaten Minahasa meningkatkan kinerjanya.  Kinerja menyangkut aktivitas, kreativitas dan inovasi dalam melaksanakan kegiatan kedinasan agar lebih mudah, cepat dan tepat kepada masyarakat. Menjadi tugas dan fungsi pemerintah untuk memberikan pelayanan publik (public service), pembangunan (development), dan pemberdayaan (empowernment) masyarakat. “Kerjakan tugas dan tanggung jawab dengan ketulusan. Jangan menganggap pekerjaan sebagai suatu beban, tetapi jadikan sebagai suatu langkah kebaikan. kalau dikerjakan dengan baik, sudah dipastikan akan mendapatkan kebaikan. Bangun sistem dan mekanisme kerja yang kompak, saling melengkapi dan saling menunjang dalam bingkai etika birokrasi yang  ramah dan santun,” ujar Sekda.

Lebih lanjut, Ia mengatakan tingkatkan fungsi koordinasi dan komunikasi serta evaluasi terhadap pelaksanaan program dan kegiatan memasuki semester 2 tahun anggaran 2022. “Terus tingkatkan kapasitas dan kapabilitas serta dibarengi dengan integritas dalam melayanani masyarakat, karena hal ini akan berpengaruh terhadap citra pemerintah dimata masyarakat.

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022,” tuturnya sembari berharap kepada seluruh Kepala OPD, para Camat dan Lurah/Hukum Tua, untuk mengibarkan Bendera Merah Putih dan memasang umbul-umbul di kantor, depan rumah dan di seluruh fasilitas umum lainnya, serta hiasan ornamen kemerdekaan lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. “Apabila masyarakat melaksanakan “pesta rakyat” dengan berbagai kegiatan termasuk perlombaan kesenian dan  olahraga ataupun kegiatan lainnya, laksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, serta dalam suasana aman dan tertib. (ric)