Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Partisipasi Penuh TIFF 2022, PLN Kampanyekan Energi Baru Terbarukan

13656
×

Partisipasi Penuh TIFF 2022, PLN Kampanyekan Energi Baru Terbarukan

Sebarkan artikel ini

TOMOHON – Ajang Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2022 telah dimulqi Senin (8/8/2022) pagi. TIFF 2022 yang dibuka Gubernur Olly Dondokambey bakal digelar hingga 14  Agustus 2022 mendatang.

Pertunjukan carnaval parade kendaraan hias dalam Tournament of Flower (ToF) serta berbagai pertunjukan seni lokal pun digelar sebagai bentuk semarak pembukaan ajang international akbar ini.

TIFF yang merupakan event tahunan ini termasuk kedalam Kharisma Event Nusantara 2022 yang diagendakan oleh Kemenparekraf RI. Event yang sudah terselenggara sejak tahun 2008 ini menjadi sumber kekuatan dalam mendongkrak perekonomian lewat pariwisata serta kebudayaan.

“TIFF menjadi ajang tahunan yang dapat mendongkrak perkenomian daerah serta  nasional. Ratusan petani serta UMKM berkontribusi dalam memeriahkan event ini. Dan yang lebih istimewa lagi event TIFF pada tahun ini masuk kedalam Kharisma Event Nusantara 2022,” ujar Olly.

Pembukaan TIFF 2022 ini juga dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang diwakilkan oleh Fadjar Hutomo selaku Staf Ahli Bidang Manajemen Krisis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Monsilo Vukovic Konsulat Jenderal Bosnia dan Herzegovina, Konsulat Jenderal Jepang Yasue Katsunobu, serta Konsulat Jenderal Filipina Angelica Excalora.

“Sesuai yang disampaikan Bapak Menteri kami dari Kemenparekraf berharap TIFF 2022 dapat menjadi Multiplier Effect yang berpengaruh kepada banyak hal dan bermuara pada peningkatan ekonomi daerah serta nasional ,” ucap Fadjar.

Mengusung tema “Tomohon Greets the World” pelaksanaan TIFF 2022 ini dimeriahkan oleh ratusan peserta dengan total 22 floats (kendaraan hias) yang berpartisipasi dalam Tournament of Flower (ToF) sebagai ajang pamungkas pembukaan TIFF yang memukau jutaan pasang mata.

PT PLN (Persero) juga turut andil dalam parade kendaraan hias ToF dengan menghadirkan hiasan bunga dalam kendaraan hias melalui konsep desain Transformasi PLN yang didalamnya juga menunjukkan Energi Baru Terbarukan (EBT).

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo Leo Basuki mengungkapkan bahwa PLN siap berpartisipasi penuh dalam gelaran event yang dapat memikat kedatangan wisatawan domestik dan mancanegara.

“Yang spesial dari float PLN seluruh bunga dalam rangkaian hiasan dihasilkan langsung dari petani binaan yang mengoptimalkan program electrifying agriculture. Tak hanya itu konsep EBT serta Transformasi PLN dalam desain hiasan bunga di kendaraan juga kami pilih sebagai bentuk kampanye energi bersih kepada masyarakat yang hadir,” ungkap Basuki.

Bentuk partisipasi penuh PLN juga dibuktikan dengan keandalan listrik tanpa kedip di lokasi pembukaan TIFF 2022 serta lokasi fasilitas pendukung lainnya.

“Kami selalu siap dalam gelaran TIFF 2022 bisa berjalan lancar dengan menerapkan skema zero down time agar pasokan listriknya aman, andal dan tanpa kedip mulai dari pembukaan hingga akhir acara selama tujuh hari ke depan,” tambah Basuki.

PLN menyiapkan pasokan listrik berlapis melalui 1 Unit Gardu Berjalan (UGB) daya 200 kVA, 1 unit Uninterrutible Power Supply (UPS) dengan daya sebesar 250 kVA.  Masing-masing peralatan backup tersebut dilengkapi dengan Automatic Change Over Switch (ACOS). Pasokan listrik berlapis tersebut disiapkan PLN beserta puluhan personel yang selalu siaga untuk menjamin listrik tanpa kedip dalam gelaran TIFF 2022.

PLN senantiasa meningkatkan keandalan listrik di Indonesia agar dapat Menjadi Perusahaan Listrik Terkemuka se-Asia Tenggara dan Nomor 1 Pilihan Pelanggan untuk Solusi Energi. Untuk kemudahan layanan listrik dimana saja dan kapan saja, pelanggan dapat mengakses layanan kelistrikan melalui Aplikasi PLN Mobile yang bisa di download di Play Store dan App Store. Nikmati Layanan PLN hanya dalam satu genggaman, PLN Mobile Semua Makin Mudah.(adv)