Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Gubernur Olly: Orientasi Adalah Masa Penentu Kesuksesan Karir

×

Gubernur Olly: Orientasi Adalah Masa Penentu Kesuksesan Karir

Sebarkan artikel ini

MANADO – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE menyampaikan pesan penting kepada para Purna Praja yang lulus dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Angkatan XXIX. Saat menyerahkan Nota Dinas Penempatan Sementara dalam rangka Orientasi Tugas yang digelar di Ruang C.J. Rantung Kantor Gubernur, Selasa (09/08/2022) pagi,

Gubernur Olly mengatakan masa Orientasi Tugas selama lebih kurang satu tahun sebelum penempatan merupakan langkah awal dalam berkarier. Untuk itu, katanya, bila ingin sukses ke depan, para lulusan IPDN ini perlu bekerja keras dan memiliki integritas.

“Orientasi itu adalah masa kita belajar. Jadi jangan merasa karena sudah tamat belajar, maka sudah selesai. Tidak. Masih ada orientasi lagi satu tahun,” kata Gubernur Olly, berpesan.

“Makanya kalian harus hati-hati bekerja, belajar baik-baik. Supaya harapan-harapan dari orang tua, keluarga dan saudara kalian dapat berjalan dengan baik,” sambungnya.

Dimintakan juga agar mereka terus belajar, sehingga masa Orientasi Tugas di lingkungan Pemprov Sulut dapat dijalani dengan baik dan optimal.

“Kalian juga harus melihat ke bawah, jangan hanya ke atas. Maksudnya, jangan di masa orientasi ini, kalian ingin langsung punya jabatan ataupun posisi yang tinggi. Ini perlu kalian ingat, karena setiap orang ada saatnya, ada masanya,” jelas Gubernur Olly.

“Jadi kalian harus belajar baik-baik, karena semuanya ini adalah proses yang harus dijalani hingga berada di titik yang kalian harapkan,” tambahnya.

Gubernur Olly mengungkapkan, jalan hidup yang dipilih para Purna Praja untuk menjadi PNS, yang mana tugas utamanya yaitu mengabdi kepada negara serta melayani masyarakat, haruslah dijalankan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab.

“Dasar kesuksesan kita ada di saat waktu awal kerja, layaknya masa orientasi. Kalau kita bekerja baik, berprestasi, pasti kedepannya akan sukses,” ujar Gubernur Olly.

Selain itu, tambah Gubernur Olly, dalam setiap bidang pekerjaan, semakin hari persaingan semakin ketat. Untuk itu Gubernur meminta agar para Purna Praja untuk terus mengembangkan potensi diri, termasuk dalam menjaga kerja sama yang baik dalam suatu organisasi.

“Potensi dikembangkan, Pemprov Sulut menyiapkan apa yang kalian perlukan dalam rangka meningkatkan sumber daya aparatur di Sulut. Harapannya pelayanan masyarakat bisa lebih baik, agar masyarakat terbantu, dan ekonomi Sulut lebih maju,” tutup Gubernur Olly.

Sementara itu, Kepala BKD Sulut Clay Dondokambey SSTP MAP dalam laporannya menerangkan bahwa Lulusan IPDN Angkatan 29 seluruhnya berjumlah 63 orang, dengan 58 orang diterima melaksanakan Orientasi Tugas di Pemprov Sulut.

“Dua orang di Kementerian Dalam Negeri RI sekaligus mengikuti program Beasiswa LPDP, dan tiga orang yang merupakan afirmasi di Pemprov Kalimantan Barat, Pemprov Maluku dan Pemprov Maluku Utara,” katanya.

Turut hadir dalam acara tersebut sejumlah Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemprov Sulut.(red)