Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Cuaca Ekstrem, Masyarakat Diminta Waspada

×

Cuaca Ekstrem, Masyarakat Diminta Waspada

Sebarkan artikel ini

KAKAS–Sudah beberapa pekan ini, Minahasa dilanda cuaca ekstrem, sehingga warga diminta waspada. Khususnya masyarakat Desa Wasian Kecamatan Kakas Barat, diimbau oleh Hukumtua Marlein Lalamentik agar jangan lengah dengan cuaca ekstrim.

Walaupun, Desa Wasian bukan terletak di pegunungan, namun yang ditakutkan yaitu pohon tumbang serta angin kencang, lantaran Desa Wasian memiliki letak di daerah terbuka. “Masyarakat diharapkan tetap waspada terhadap perubahan iklim, termasuk kecenderungan cuaca yang terjadi tanpa dapat diprediksi sebelumnya,” ujar Lalamentik.

Ia juga mengajak masyarakat siaga serta menjaga kelestarian lingkungan sekitar, menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah ke saluran air atau drainase. Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan bersama, seluruh perangkat desa diinstruksikan untuk lebih memperhatikan kebersihan lingkungan, termasuk lebih peka jika ada kejadian bencana, termasuk peka terhadap laporan-laporan masyarakat. “Perangkat harus memantau semua drainase yang ada, juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan,” terangnya.

Ditambahkannya, juga masyarakat diminta agar selalu menjadi jaga kebersihan serta memperhatikan akan genangan air yang ada di sekitar rumah. Karena, itu bisa membuat jadi sarang nyamuk demam berdarah juga malaria. “Di musim penghujan seperti ini, mesti rajin membersihkan penampungan air, agar jentik nyamuk tidak berkembang,” pungkasnya. (ric)