Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Kominfo Bolmong Gelar Bimtek Tandatangan Elektronik

×

Kominfo Bolmong Gelar Bimtek Tandatangan Elektronik

Sebarkan artikel ini

BOLMONG—Sekretaris Kabupaten Bolmong Tahlis Gallang SIP MM membuka bimbingan teknis (Bimtek) implementasi tandatangan elektronik bagi pejabat Bolmong. Kegiatan yang digelar di Kantor Sekretariat Daerah, Rabu (31/8) diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Bolmong.
Sekretaris Kabupaten (Sekkab) yang membacakan sambutan Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM mengatakan, ada kemajuan dalam pelaksanaan e-goverment di Kabupaten Bolmong. Kemajuan itu, soal adanya persetujuan untuk menggunakan tandatangan lewat elektronik untuk tanda tangan pejabat. “Tandatangan elektronik ini telah dirancang dan diperjuangkan sejak tahun 2020. Pada saat itu kita mengalami pandemi Covid-19 yang pertama kali,” kata Tahlis.
Pada saat itu, kata dia, bertemu tidak boleh, kontak fisik tidak boleh, berpindah berkas itu dilarang. Sehingga bermula dari hal tersebut maka agar tidak ada kontak, maka dicarilah solusi. “Pada saat momen musibah non alam tersebut Pemkab Bolmong ajukan usulan sertifikasi tandatangan elektronik. Prosesnya cukup panjang, belum lama ini usulan sertifikasi tandatangan elektronik telah disetujui,” ungkap Tahlis.
Memang, kata Tahlis ini sudah menjadi tuntutan e-goverment, semuanya berbasis elektronik. Dan, tahun depan akan dimulai pelaksanaan administrasi berbasis non paper (tanpa kertas). Sehingga penganggaran ATK untuk kertas tahun depan akan dikurangi. Kecuali untuk situasional saja. “Manfaat dan kegunaan tandatangan elektronik ini cukup besar. Manakala, pejabat melakukan perjalanan dinas, maka ia masih dapat melaksanakan tugas menandatangani berkas lewat tandatangan elektronik tersebut,” pungkasnya.
Diketahui Bimtek ini dihadiri Asisten III Drs Ashari Sugeha, Kepala Dinas Kominfo Maarief Mokodompit SKom serta para pimpinan perangkat kerja daerah di Pemkab Bolmong. (syl)