Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Bupati Limi Hadiri Ngaben Masal

9
×

Bupati Limi Hadiri Ngaben Masal

Sebarkan artikel ini

BOLMONG—Penjabat Bupati  Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Ir Limi Mokodompit MM menghadiri ngaben masal  di desa Werdhi Agung Selatan, Kecamatan Dumoga Tengah, Jumat (2/9).

Dalam kesempatan tersebut, Limi Mokodompit menyampaikan harapannya agar rangkaian pelaksanaan upacara ngaben massal itu mendapatkan bimbingan dari Tuhan Yang Maha kuasa, Ida Sang Hyang Widi Wase.

Limi memberikan apresiasi serta ungkapan terima kasih kepada para sangadi desa werdhi agung bersatu dan panitia pelaksana yang telah melaksanakan kegiatan ngaben massal dengan baik. “Kita semua sering dengar istilah ngaben. Tapi masih banyak lagi yang belum memahami arti sebenarnya. Ngaben adalah pembakaran jenazah bagi saudara umat Hindu, untuk mengembalikan roh leluhur ke tempat asalnya,” ucap Limi.

Lebih lanjut Limi menambahkan  ngaben dalam bahasa bali, berkonotasi halus yang sering disebut Palebon. Yaitu berasal dari kata lebu yang artinya Prathiwi atau abu. “Tujuan dari upacara ngaben adalah, mempercepat ragha sarira agar dapat kembali ke asalnya. Sedangkan secara khusus upacara ngaben dilaksanakan karena wujud cinta kepada para leluhur dan bakti anak kepada orang tua,” terangnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut ketua Parisade, para Sangadi desa Werdhi Agung bersatu, camat Dumoga tenggara, serta para Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Bolmong. (adv)