Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Gubernur Olly ‘Hang Out’ di Garak Market, Tertarik Hadirkan di Sulut

2679
×

Gubernur Olly ‘Hang Out’ di Garak Market, Tertarik Hadirkan di Sulut

Sebarkan artikel ini

SEOUL – Korea Selatan menjadi salah satu negara yang idamkan masyarakat dunia untuk dikunjungi. Selain tenar karena girl band/boy band, Korsel juga memiliki destinasi wisata yang komplit. Salah satunya pasar tradisional modern: Garak Market di Seoul.

Dan Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey dalam lawatannya ke sejumlah kota di Korsel menyempatkan diri berkunjung ke pasar ikan Garak atau Garak Market. Dan ternyata pasar ikan ini salah satu destinasi wisata populer di Korsel, khususnya Ibu kotanya Seoul.

Gubernur Olly dalam beberapa foto tampak melihat dari dekat produk ikan laut yang dijual di Garak Market. Ada udang, kerang, cumi, sarden, kerapu, hingga belut (sidat), dan banyak jenis ikan. Produknya ada yang sudah beku, segar, sampai yang masih hidup pun tersedia.

Menurut referensi sejumlah media dan kanal liputan wisata, Garak Market ini menjadi pemasok produk ikan untuk kuliner jalanan (street food) di Seoul. Street food juga menjadi salah satu daya tarik wisata di Korsel.

Menurut Gubernur, produk ikan yang dipasarkan di Garak Market itu hampir tidak beda dengan produk di Sulawesi Utara.

“Yang membedakan hanya pengelolaannya. Di Sulut belum ada pasar khusus ikan yang komplit, modern, dan bersih seperti di Garak ini. Saya kira Sulut harus punya untuk mendukung sektor pariwisata,” kata Gubernur.

Pasar ikan Garak Market yang berada di Songpa-gu, Seoul tentu berbeda dengan pasar ikan pada umumnya di Sulawesi Utara. Selain sangat luas, Garak Market sangat bersih dan rapih. Saking luasnya, pengunjung disarankan untuk memanfaatkan peta pasar dan merencanakan bagian mana yang akan dikunjungi di dalam pasar sebelum berbelanja.

Pasar yang dibuka pada tahun 1985 ini terus berkembang dan diperluas dengan produk pertanian yang berbeda. Garak Market menjadi pasar grosir publik pertama di Korea. Dimana kompleks pasar dibagi menjadi beberapa bagian. Di Pasar Garak, harga satuan standar untuk sayuran dan makanan laut ditetapkan sebelum didistribusikan ke daerah lain.

Menurut Gubernur, Pemerintah Provinsi akan terus mendorong Kabupaten Kota di Sulut agar semakin giat mengembangkan potensi pariwisata diberbagai sektor, termasuk destinasi pasar tradisional.(red)