Bupati Limi Buka Pelatihan Kewirausahaan Mandiri UMKM

BOLMONG–Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Ir Limi Mokodompit MM, membuka kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Mandiri UMKM yang dilaksanakan di Ball Room Sutan Raja Hotel Kotamobagu, Senin (19/9). Kegiatan ini juga sekaligus penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkab Bolmong dan Ritel Modern Indomaret serta pelaksanaan Bimbingan teknis (Bimtek) terhadap pelaku usaha Industri kecil menengah (IKM) Usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Dalam sambutannya, penjabat Bupati mengatakan, PT Indomarco Prismatama diharapkan menjadi partner pemda. “Saya berharap ini akan menjadi partner bisnis di daerah,” kata Bupati.

Bupati menegaskan, produk yang ada di Bolmong  tidak kalah jauh dengan produk di daerah lain. Lanjutnya, kalau UMKM maju berarti ada peningkatan multiplier effeck atau efek berganda. “Semakin banyak produk umkm terpasarkan, maka itu akan berpengaruh terhadap produk pertanian dan pendapatan masyarakat. Kalau masyarakat sejahtera, maka indomaret akan banyak di kunjungi warga,” ungkap Bupati.

Bupati pun mengaku bangga dengan UMKM yang ada di Bolmong. “Saya bangga di beberapa desa ada produk sambal nenas, ada minumanya. Semua produk ini saya yakin memiliki kualitas. Melalui pelatihan kewirausahaan masyarakat akan terampil,” terangnya.

Bupati berharap peserta dapat mengikuti bimtek dan memanfaatkan waktu dengan sebaik baiknya. “Saya juga meminta pelaku UMKM dapat menjaga kualitas karena ini menyangkut kredibilitas UMKM terhadap indomaret. Saya juga meminta memperhatikan putra putri daerah untuk mendapatkan peluang kerja. Dan memperhatikan hak hak karyawan seperti gaji ump dan ada bpjs,” kata Bupati.

Kepada Dinas Perdagangan Energi dan Sumberdaya Mineral Bupati berpesan agar menjalin kerjasama yang baik. “Kepada dinas terkait saya minta menjalin kerjasama yang baik sehingga perjanjian ini akan tetap berlanjut di masa yang akan datang. Selain itu pemberian csr juga diperhatikan,” tandasnya.

Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Mandiri UMKM mengusung tema “Selalu berkreasi dan inovasi menuju UMKM naik kelas,” tutur Bupati.

Kepala Dinas Perdagangan dan Energi Sumberdaya Mineral Bolmong Ramlah Mokodongan, dalam laporanya menjelaskan, tujuan pelatihan UMKM adalah membangun kerjasama kemitraan di bidang pemasaran produk industri kecil di Bolmong.

“Sumber dana kegiatan ini dari CSR PT Indomarco Prismatama. Sebenarnya kami minta 250 peserta tapi karena tempat belum cukup, mudah mudahan kedepan akan terlaksana. Yang menjadi peserta adalah pelaku industri kecil yang ada di 15 kecamatan,” tutupnya (adv)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.