Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

HUT ke-58 Sulut, Bangkit Bersama Sejahtera Bersama

×

HUT ke-58 Sulut, Bangkit Bersama Sejahtera Bersama

Sebarkan artikel ini

MANADO – Usia Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sebagai daerah otonom telah mencapai 58 Tahun pada 23 September 2022. Masih banyak yang perlu diperjuangkan untuk menjadikan Sulut lebih hebat, namun telah banyak progres yang dicapai sehingga Sulut makin maju.

Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw (ODSK) sejak Februari 2016 menahkodai daerah Nyiur Melambai secara terus menerus bekerja keras memajukan daerah ini agar bisa bersaing dengan daerah lain.

Sejumlah indikator telah membuktikan bahwa Sulut lebih maju dibanding daerah lain, termasuk daerah sekitar. Seperti tingkat kemiskinan yang paling rendah di Pulau Sulawesi.

Sebagai upaya menyemarakkan HUT ke-58 Provinsi Sulut, Pemprov menggelar sejumlah kegiatan.

Pada Jumat (09/09/2022) Pj Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara Dr Praseno Hadi membuka kegiatan Lomba Senam Cinta Tanah Air (SICITA) antar Unit Dharma Wanita Persatuan (DWP) se-Provinsi Sulut di Lapangan Kantor Gubernur Sulut.

Selain bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) ke-39 yang diperingati tiap tanggal 9 September, lomba tersebut juga digelar dalam rangka menyambut HUT ke-58 Provinsi Sulut pada 23 September 2022 dengan tema “Mari Bangkit Bersama dan Sejahtera Bersama“.

Tidak saja itu, berbagai lomba pun digelar masing-masing SKPD guna memeriahkan HUT daerah ini.

Ziarah di makam Sam Ratulangi

Pada Selasa 20 September 2022, Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw melakukan ziarah ke seluruh mantan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara.

“Ini merupakan suatu wujud apresiasi serta wujud pengakuan, dan mudah-mudahan jadi inspirasi kepada kita semua untuk menjaga dan mempertahankan serta meningkatkan capaian-capaian yang sudah mereka torehkan,” kata Wagub Kandouw.

Adapun Makam yang dikunjungi, yakni Makam Mantan Gubernur Sam Ratulangi di Tondano, Makam Mantan Gubernur S.H. Sarundajang di Kawangkoan, Makam Mantan Gubernur A.J. Sondakh di Kanonang, dan ke Makam Mantan Wakil Gubernur Freddy Sualang di Leilem.

Makam mantan Wagub Freddy Sualang

Sedangkan, Pj Sekdaprov Praseno Hadi berziarah ke Makam Mantan Wakil Gubernur A. Nadjamudin di Tuminting Manado.

Selain itu, rombongan juga berziarah ke Makam Mantan Gubernur C.J. Rantung di TMP Kairagi, dan ke Makam Mantan Gubernur H.V. Worang di Tontalete, Kabupaten Minahasa Utara.

Gubernur Olly memimpin ziarah di TMP Kalibata

Pada Rabu 21 September 2022, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE melakukan ziarah ke Makam Mantan Gubernur di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta.

Makam yang dikunjungi dan ditaburi bunga yakni Makam Mantan Gubernur Sulut, yakni A.A. Baramuli, F.J. Tumbelaka, Willy Lasut, dan G. H. Mantik.

Menurut Gubernur Olly, kegiatan ziarah yang dilakukannya adalah sebuah kewajiban yang menjadi agenda rutin Pemerintah Provinsi Sulut jelang HUT Provinsi setiap tahunnya.

Selain itu, kegiatan tersebut juga sebagai wujud apresiasi dan pengakuan Pemprov Sulut terhadap kontribusi serta torehan para pendahulu dalam membangun dan memajukan Sulut, dengan harapan dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi seluruh elemen yang ada demi kemajuan Bumi Nyiur Melambai yang lebih baik ke depan.

Puncaknya pada Jumat, 23 September 2022, Gubernur Olly Dondokambey SE bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) HUT ke-58 Provinsi Sulut. Gubernur menggunakan pakaian adat Minahasa.

Pada kesempatan itu, Gubernur Olly memaparkan bahwa Sulut telah bergeliat dengan capaian dan prestasi yang membanggakan di tahun 2022 ini. Seperti IPM berada pada angka 73,30, Indeks Kebahagian sebesar 74,96, serta perekonomian Sulut di Triwulan ke-2 2022 yang 5,93 persen, di atas rata-rata nasional yakni 5,44 persen.

Gubernur Olly mengingatkan budaya Mapalus yang ada di Sulut agar terus digaungkan bersama. Katanya dengan banyaknya prestasi yang sudah dicapai, maka kita harus terus bersemangat bersama dalam menjaga tingkat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Jika kita mampu menjadikan peringatan HUT ini untuk memperkuat sinergi dan mempererat kebersamaan, sudah tentu kemajuan yang lebih lagi dapat kita torehkan,” kata Gubernur Olly optimis.

Ketua PKK Sulut Ny Rita Tamuntuan bersama Miss Indonesia 2022 Audrey Susilo

Pada kegiatan ini, hadir Audrey Vanessa Susilo, putri Sulut yang berhasil menjuarai kontes kecantikan Miss Indonesia 2022. Menjadi kado manis, karena telah membawa nama harum Sulut di tingkat nasional maupun internasional nantinya.

“Mari terus lanjutkan apa yang sudah baik dan kita tinggalkan apa yang menjadi penghambat langkah-langkah kita kedepan,” ujar Gubernur Olly.

Wagub Steven Kandouw

Usai upacara, Gubernur beserta Ketua TP PKK Sulut dan Wakil Gubernur Steven O.E Kandouw beserta Sekretaris TP.PKK Prov. Sulut selaku Kepala Dinas P3AD Sulut melakukan Deklarasi “Si Patokaan” Strategi Pencegahan Terkoordinasi Perkawinan Usia Anak, bersama seluruh Bupati dan Walikota se-Sulut, lewat penandatanganan serta ditandai dengan pemukulan Tetengkoren.

Terakhir, Gubernur Olly didampingi Wagub Kandouw juga melakukan penyerahan sejumlah penghargaan dan bantuan, diantaranya: Penghargaan Satya Lencana, SK Presiden Kenaikan Pangkat, SK Pensiun, hadiah untuk Miss Indonesia 2022 berupa uang tunai senilai Rp.100 juta, hadiah pemenang Lomba Desa/Kelurahan, Bantuan Bagi Perempuan, Penghargaan Tenaga Kesehatan Teladan Puskesmas Tingkat Provinsi, Piagam Penghargaan bagi Sekolah Penggerak SLB, hadiah bagi Pemenang Sicita, BSU, bantuan sembako dan bantuan pembelian bahan baku bagi 1000 pelaku usaha mikro.

Menkop UKM Teten Masduki

Agenda dilanjutkan dengan Paripurna Istimewa DPRD Sulut dalam rangka HUT ke-58 Provinsi Sulut yang dipimpin Ketua DPRD Andi Silangen. Istimewanya lagi Paripurna HUT tersebut dihadiri Menteri Koperasi UKM Teten Masduki. Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan bantuan untuk sejumlah UKM Sulut oleh Menkop UKM.

Hadir dalam kegiatan tersebut Para Anggota DPR RI utusan Sulut, sejumlah Mantan Gubernur dan Wagub Sulut, para Istri Mantan Gubernur dan Mantan Wagub, serta Konsul Jenderal Filipina di Manado.(adv dkips sulut)