Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Wamenkeu Berikan Kuliah Umum di Hadapan 500-an Mahasiswa Unsrat

×

Wamenkeu Berikan Kuliah Umum di Hadapan 500-an Mahasiswa Unsrat

Sebarkan artikel ini

MANADO  – Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) RI, Suahasil Nazara memberikan kuliah umum di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Senin (03/10/2022). 500-an mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unsrat mengikuti kuliah umum yang digelar di Auditorium Fakultas Kedokteran itu.

Wamenkeu membawakan materi tentang Kondisi Terkini Ekonomi Indonesia. Nazara membeberkan bahwa Indonesia satu di antara sedikit negara yang sukses menangani pandemi Covid-19.

“Penanganan ekonomi Indonesia di tengah pandemi salah satu yang terbaik di dunia,” kata Nazara.

Katanya, dalam kurun 2,5 tahun terakhir era pandemi, pemerintah Indonesia mengambil sejumlah kebijakan untuk menjaga stabilitas ekonomi.

“Tidak semua negara bisa melakukan itu. Ada keseimbangan antara penanganan kesehatan dan menjaga perekonomian,” ujarnya.

Menurutnya, ada negara yang baik di sisi kesehatan tapi ekonominya anjlok. Ada yang negaranyanya resesi karena inflasi. “Contohnya Sri Lanka yang dipicu krisis kesehatan,” bebernya.

Sementara, ada negara yang ekonominya relatif stabil tapi tidak maksimal. Hanya saja, sektor kesehatannya gagal yang memicu krisis lainnya.

“Indonesia termasuk dalam penanganan Covid-19 yang sangat stabil,” katanya.

Hal itu, menurut Wamenkeu karena pengambilan kebijakan mengacu keseimbangan antara penanganan kesehatan dan sisi ekonominya.

Ke depan, tambah dia, pemerintah RI akan terus melakukan langkah-langkah strategis untuk menjaga momentum.

Materi Wamenkeu ini pun disambut antusias ratusan mahasiswa. Hal ini tercermin dalam sesi diskusi. Mereka berebut untuk bertanya dan menyampaikan argumentasi.

Sementara, Rektor Universitas Sam Ratulangi, Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA bangga dikunjungi orang nomor dua di Kemenkeu RI.

“Kedatangan Wamenkeu menjadi tanda Unsrat diberi perhatian,” kata Rektor Ellen.

Sementara, Wakil Rektor I Unsrat Bidang Akademik, Prof Dr Ir Grevo Soleman Gerung MSc mengungkapkan, mahasiswa Unsrat terus mendapat penguatan dari pakar ekonomi.

“Dengan kehadiran Pak Wamenkeu yang memberi kuliah umum, mahasiswa bisa langsung mendengar dari pakar dan bisa lebih paham,” katanya.

Sebelum memberi kuliah umum, Prof Suahasil Nazara meluncurkan bukunya berjudul Keeping Indonesia Safe from Covid-19 Pandemic.

Buku yang menggambarkan kisah Indonesia menghadapi pandemi Covid-19 diperkenalkan kepada Rektor Unsrat dan jajaran di Aula Lantai IV Kantor Rektorat Unsrat.(red)