Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Gelar Koordinasi, BKKBN Sulut Genjot Layanan KB di RS

×

Gelar Koordinasi, BKKBN Sulut Genjot Layanan KB di RS

Sebarkan artikel ini

MANADO – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Utara mengadakan Pertemuan Koordinasi Pelayanan KB di Rumah Sakit (PKBRS) Tingkat Provinsi Sulawesi Utara. Pertemuan digelar di Hotel Gran Puri Manado, Selasa (18/10/2022).

“Pertemuan koordinasi dimaksudkan untuk mencapai target Renstra BKKBN khususnya capaian pemakaian kontrasepsi modern (mCPR). Maka perlu dilakukan berbagai upaya, di antaranya melalui revitalisasi Pelayanan KB di Rumah Sakit atau PKBRS,” ungkap Eni Gustina, Deputi KB/KR BKKBN RI saat membuka pertemuan tersebut.

Disebutkan Eni Gustina, rumah sakit adalah tempat yang berpotensi untuk menjadi pusat Pelayanan KB. Hanya saja, katanya, saat ini pelayanan lebih banyak terpusat di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama.

“Di satu sisi, RS merupakan tempat layanan KB yang sangat penting, khususnya untuk layanan KB pasca-persalinan, pasca-keguguran, layanan KB operatif seperti MOW dan MOP, dan penanganan komplikasi,” katanya.

BKKBN dengan program Bangga Kencana, katanya, mempunyai akses luas menyediakan akseptor untuk ikut layanan KB metode operatif wanita (MOW) maupun metode operatif pria (MOP).

“Diharapkan hadirnya para pimpinan RS daerah maupun swasta kali ini akan terwujud komitmen bersama mengenai pelayanan KB di rumah sakit, demi terwujudnya keluarga berkualitas melalui upaya pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing,” ujar Eni Gustina.

Para peserta pertemuan di antaranya perwakilan OPD KB Kabupaten/Kota se-Sulut, pimpinan RS daerah dan swasta, juga sejumlah Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi.

Hadir dalam pertemuan ini , Kadis Dukcapil dan KB Sulut Dra Lynda Watania MM MSi, Ketua PKMI Pusat Dr dr Herbert Situmorang SpOG (K), Sekretaris Perwakilan BKKBN Sulut Ledy Ante SPd MSi, dan Koordinator Bidang KB/KR BKKBN Sulut dr Alfrida Bayang.(red)