Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Dibangun BP2P Sulawesi I, Gubernur Sulut Resmikan Rusun St. Xaverius Tomohon

×

Dibangun BP2P Sulawesi I, Gubernur Sulut Resmikan Rusun St. Xaverius Tomohon

Sebarkan artikel ini

TOMOHON – Pembangunan rumah susun di Universitas Seminari Menengah St. Fransiskus Xaverius Kakaskasen Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) telah selesai. Bangunan ini merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PURR) RI, dan dikerjakan oleh Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sulawesi I.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE didampingi Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu, MSC meresmikan bangunan tersebut, pada Jumat (4/11/2022), dan disaksikan oleh Walikota Tomohon Caroll Senduk, pihak Kementerian PUPR serta tamu undangan lainnya. Gubernur Olly menandatangani prasasti dan mengunting pita, dan dilanjutkan dengan melihat fasilitas bangunan.

Diakui Kepala Balai Penyediaan Perumahan Sulawesi I Recky Lahope pembangunan rumah susun ini tak lepas dari perjuangan Gubernur Olly melobi ke pemerintah pusat. “Selain di Kota Tomohon, beberapa tempat seperti di Tondano, Minahasa, Bolmong Selatan, Bolmong Timur dan Kota Bitung juga dibangun Rumah Susun dan Rumah Khusus,” ungkap Lahope.

Recky Lahope berharap fasilitas yang dibangun Kementerian PUPR tersebut selain dimanfaatkan sesuai dengan peruntukkan, juga dipelihara sebaik mungkin oleh warga yang menggunakannya.

“Tentunya kita bersyukur kepada Tuhan, karena atas kasih karunia-Nya sehingga hari ini kita boleh bersama-sama meresmikan pembangunan rusun dan rusus yang ada di lima tempat, salah satunya di Tomohon ini,” pintanya.

Sementara Gubernur Olly mengaku perjuangannya menghadirkan sejumlah rusun dan rusus di Sulut didukung juga oleh banyak pihak, terutama sokongan Presiden Jokowi.

“Kita bersyukur dan berterima kasih kepada pak Presiden Joko Widodo. Memang waktu lalu saat Presiden datang di Manado, saya sampaikan bahwa kita butuh rumah susun dan rumah khusus di beberapa wilayah di Sulut. Salah satunya di Kota Tomohon, dan puji Tuhan ini direspon. Dibangun dan akhirnya bisa diresmikan. Semoga fasilitas ini bisa membantu dan kiranya dapat digunakan sebaik mungkin,” ungkap Gubernur.

Uskup Rolly Untu MSC menyampaikan banyak terima kasih kepada Gubernur Olly Dondokambey selaku wakil Pemerintah Pusat di daerah atas selesainya pembangunan Rumah Susun di Universitas Seminari Menengah St. Fransiskus Xaverius Kakaskasen Tomohon. Menurut Uskup Rolly, bangunan ini bisa selesai karena ada campur tangan dan dukungan dari semua pihak.

“Semua kesuksesan bisa kita capai jika ada kerjasama sesama manusia, terlebih dengan Tuhan. Untuk itu saya ucapkan terima kasih kepada bapak gubernur, pemerintah pusat dan semua pihak yang telah membantu sehingga bangunan rumah susun ini bisa berdiri dan diresmikan,” katanya.

Sekadar referensi, selain Rusun St. Fransiscus Xaverius Tomohon, secara bersamaan juga diresmikan 3 rusun dan 1 rusus yang dibangun Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sulawesi I, membangun sebanyak 5 unit rusun dan rusus di lima lokasi berbeda dan dibangun sejak tahun 2021.

Rusun dan rusus yang diresmikan tersebut yakni rusun Seminari Menengah St. Fransiskus Xaverius, Kakaskasen (Kota Tomohon), rusun UPTD Balai Latihan Kerja (Kota Bitung), rusun Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Khoir Tebu Ireng VII (Bolaang Mongondow Timur), rusus Perbatasan Sulawesi I (Bolaang Mongondow Selatan) dan rusun Universitas Negeri Manado.(red)