Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Gubernur Olly Bangga Kekompakan Warga Kawanua di Papua

×

Gubernur Olly Bangga Kekompakan Warga Kawanua di Papua

Sebarkan artikel ini

Memeriahkan HUT ke-60 Kerukunan Keluarga Kawanua (K3) Kota Jayapura,  pengurus menggelar ibadah syukur di Gedung Wale Wangko, Entrop, Kota Jayapura, Minggu (06/11/2022). Gubernur Sulut Olly Dondokambey turut menghadiri acara ini.

Pada momen Ibadah syukur HUT ke-60 K3 ini, Gubernur Olly Dondokambey turut didampingi isteri tercinta Ir Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Bupati Minahasa Utara Joune Ganda dan istri, Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Utara, Denny Kamlon Lolong. Turut hadir juga Pangdam Kodam XVII Cendrawasih, Danrem 172/PWY, Dandim 1701, Kapolres Kota Jayapura, Tenaga Ahli Menteri Sosial, Dr Drs Benhur Tomi Mano, M.M, selaku Tonaas Wangko (Panglima Tertinggi), Ketua DPRD Kota Jayapura, Forkopimda, Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Port Numbay dan pengurus dan anggota kerukunan Keluarga Kawanua yang ada di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, dan Kabupaten Kerom.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menyampaikan rasa syukur sekaligus bangga bisa hadir di Bumi Cendrawasih, tanah Papua dalam momentum HUT ke-60 Kerukunan Keluarga Kawanua.

“Saya bangga hadir di Tanah Papua, saya hadir disini (Kota Jayapura) dalam rangka Ulang Tahun Minahasa, yang memang HUT K3 ini selalu dikaitkan dengan tanggal 5 November. Tetapi melihat antusiasme K3 pada momen ini sayapun merasa bangga dan haru, bahagia, karena melihat kekompakan K3 di Tanah Papua,” ujar Olly.

Gubernur Olly juga mengajak masyarakat Kawanua yang ada di Papua untuk menjaga nilai nilai budaya Minahasa. Karena dengan budaya dapat menyatukan seluruh warga Kawanua, baik di Sulut sendiri maupun di tanah rantau.

“Budaya itu harus dijaga. Jangan terpengaruh dengan budaya luar yang masuk ke Indonesia. Tidak dipungkiri masyarakat Kawanua yang ada di Tanah Papua harus menjaga pelestarian budaya,” imbaunya.

Gubernur juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan warga Kawanua yang ada di bumi Cenderawsih, karena menurutnya kontribusi Keluarga Kawanua yang ada di Papua khususnya di Kota Jayapura, cukup besar terutama mendukung pembangunan di Tanah Papua

“Saya sebagai Gubernur Sulut mengucapkan terima kasih karena peran bapak ibu untuk Tanah Papua sungguh luar biasa. Mari kita jaga terus gotong royong dan kebersamaan di Tanah Papua terutama dalam rangka menjaga nilai-nilai kesatuan kita,” imbuhnya

Sementara itu Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, M.M, selaku Tonaas Wangko (Panglima tertinggi) Kerukunan keluarga Kawanua Kota Jayapura menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Gubernur Sulut, Bupati Minahasa Utara, dan Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Utara serta rombongannya ke Tanah Papua.

“Ini merupakan suatu kehormatan bagi kita di Tanah Papua karena Gubernur hadir membawa sukacita kepada kita terutama K3 Kota Jayapura,” katanya.

Benhur Tomi Mano mengatakan walaupun waktu Gubernur Sulut sangat sibuk, tetapi beliau tetap hadir dan bersilahturahmi dengan warga Kawanua di Kota Jayapura.

“Bapak Gub ini orang tersibuk, tetapi dia bisa datang untuk memenui warganya di Kota Jayapura. Kita semua harus bangga dengan Bapak Gubernur yang hebat ini,” ujar Benhur Tomi Mano

Benhur Tomi Mano berpesan agar K3 Kota Jayapura tetap utuh dan kompak, serta bisa punya andil dalam mendukung pembangunan Tanah Papua.

“Satu pesan saya Kerukunan Keluarga Kawanua harus tetap utuh menjadi keluarga besar di Tanah Papua. Jangan sampai pecah belah, Keluarga Kawanua harus bersatu,” ujar Benhur Tomi Mano.

Di tempat yang sama, Ketua Umum K3 Kota Jayapura Pdt Dr Christian Warouw, menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Gubernur Sulut di Kota Jayapura

“Suatu kehormatan bagi kami warga Kawanua di Kota Jayapura, atas kunjungan Gubernur Sulut. Semoga dengan pesan dan juga wejangan yang disampaikan dalam sambutannya mampu memperkuat hubungan kekeluargaan Warga Kawanua di Tanah Tabi (Jayapura) ini,” ujarnya.(adv/dkips)