Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Peringati HLN ke-77, PLN Suluttenggo – Komunitas Selam SMAN 8 Manado Gelar Transplantasi Karang di Manado

×

Peringati HLN ke-77, PLN Suluttenggo – Komunitas Selam SMAN 8 Manado Gelar Transplantasi Karang di Manado

Sebarkan artikel ini

MANADO – Hari Listrik Nasional (HLN) menjadi tonggak penting dalam sejarah kelistrikan di Indonesia sehingga hingga kini HLN telah diperingati sebanyak 77 kali sebagai Hari Besar Nasional. Pada peringatan HLN ke-77 tahun ini, PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah Dan Gorontalo (UID Suluttenggo) berkolaborasi dengan Komunitas Selam SMA Negeri 8 Manado.

Dalam kolaborasi ini, PLN UID Suluttenggo mendukung penuh program pelestarian terumbu karang bersama Komunitas Selam SMA Negeri 8 Manado. Bagaimana tidak, terumbu karang sudah menjadi magnet wisata yang ada di Sulawesi Utara dengan mengangkat Bunaken sebagai salah satu objek wisata diving berkelas internasional yang menawarkan keindahan taman bawah lautnya yang eksotis.

Untuk melestarikan keindahan taman bawah laut ini, Komunitas Selam SMAN 8 Manado dengan dukungan dari PLN UID Suluttenggo melaksanakan program transplantasi terumbu karang. Transplantasi Terumbu Karang merupakan salah satu upaya rehabilitasi terumbu karang melalui pencangkokan atau pemotongan karang hidup yang selanjutnya ditanam di tempat lain yang mengalami kerusakan atau menciptakan habitat baru.

Upaya ini menjadi komitmen PLN untuk terus mendukung kelestarian lingkungan yang ada di Indonesia yang juga berdampak pada peningkatan sektor pariwisata. Hal ini sejalan juga dengan 4 Pilar Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan (TJSL) dalam hal ini lingkungan dan pendidikan.

General Manager PLN UID Suluttenggo, J. A. Ari Dartomo menyampaikan bahwa PLN akan terus memberi perhatian lebih pada sektor pariwisata terutama di tengah upaya Indonesia untuk membangkitkan kembali perekonomian pasca pandemi COVID-19.

“Kami memandang bahwa terumbu karang yang indah sudah menjadi identitas khas Sulawesi Utara khususnya Manado dan sekitarnya yang perlu mendapat perhatian lebih,” kata Ari Dartomo.

“Potensi pariwisata hayati yang berlimpah di tanah nyiur melambai ini akhirnya perlu mendapatkan perhatian dari banyak pihak, salah satunya dari Komunitas Selam SMAN 8 Manado yang secara luar biasa menggagas program ini,” ujarnya.

Dalam program ini dilakukan transplantasi terumbu karang sejumlah 400 terumbu karang yang tersebar di Pantai Kalasey, Kabupaten Minahasa.

PLN tentunya terus peduli dengan berbagai sektor di luar kelistrikan sebagai salah satu pilar energi Indonesia. Berbagai kegiatan PLN dapat dipantau langsung dari menu PLN Magazine yang dapat diakses dari aplikasi PLN Mobile gratis dapat diunduh dari Play Store dan App Store.(red)