Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

HUT ke-51 Korpri, Gubernur Sulut Canangkan Gerakan Marijo Bakobong dan ASN Menanam

3344
×

HUT ke-51 Korpri, Gubernur Sulut Canangkan Gerakan Marijo Bakobong dan ASN Menanam

Sebarkan artikel ini

MINUT – Gubernur Sulut Olly Dondokambey langsung bergerak menjalankan program pemerintah pusat dalam menjaga kedaulatan pangan. Dikaitkan dengan HUT ke-51 Korpri, Selasa (29/11/2022), Gubernur Olly bagaimana mencanangkan program ‘Marijo Bakobong’, di Perkebunan Desa Kolongan, Minut. Sulut menjadi provinsi pertama yang menjalankan program pemerintah pusat ‘Mari Menanam’.

“Program Pemerintah Provinsi Sulut ‘Marijo Bakobong’ juga mendorong ASN menanam, untuk menjaga kedaulatan pangan,” ujar Gubernur Olly saat menjadi Inspektur dalam Upacara HUT ke 51 Korpri.

Dalam arahannya Gubernur Olly juga mengungkapkan semua program ini sebagai bukti perwujudan bahwa anggota Korpri di Sulut adalah anggota Korpri yang tidak saja tulus melayani, namun juga sinergi mendukung program-program pembangunan pembangkit dan pemacu sektor ekonomi, mendukung program berkelanjutan yang berwawasan lingkungan dan memperhatikan kelestarian alam, serta tidak ragu berinovasi, apalagi inovasi-inovasi yang dapat mengakselerasi dan mendukung peningkatan kinerja dalam mengabdi.

“Berbagai rangkaian peringatan HUT Korpri yang kita gelar, tentunya bukan tanpa dasar. Ini sesuai dengan tema yang diangkat pada HUT Korpri ke 51, yakni Korpri Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi untuk Negeri,” ujarnya.

Gubernur menambahkan dengan rangkaian peringatan HUT Korpri kali ini, diisyaratkan bahwa yang harus anggota Korpri refleksikan bukan hanya apa yang menjadi rutinitas anggota Korpri di kantor, namun juga apa yang menjadi bentuk dukungan, sumbangsih anggota Korpri di lapangan, di lahan-lahan produktif, di kawasan hutan dan di tempat-tempat dimana kemajuan-kemajuan  dapat dipacu.

“Dengan kesuburan daerah Bumi Nyiur Melambai, maka kita sudah berkomitmen bahwa kegiatan pertanian maupun perkebunan tidak boleh berhenti,” ujar Gubernur Olly.

Menurut Gubernur Olly, setiap luasan lahan pertanian dan perkebunan harus dimanfaatkan secara optimal. Dan untuk memanfaatkan secara optimal, keterlibatan seluruh masyarakat diharapkan.

“Keterlibatan Anggota KORPRI juga turut menjadi kunci, penentu keberhasilan Pemerintah, dalam mengajak masyarakat untuk memanfaatkan setiap potensi. Lahan produktif yang telah dianugerahkan Tuhan kepada kita, kepada daerah Sulawesi Utara, sambil tetap menjaga kelestarian alamnya,” ucapnya.

Kepada seluruh Anggota KORPRI di Provinsi Sulawesi Utara, Gubernur Olly mengajak, Marijo Bakobong!!!

“Kita dukung dan sukseskan bersama Gerakan Marijo Bakobong. Mari menanam pohon!!! Tidak ada salahnya ASN ikut menanam, tidak ada ruginya kegiatan-kegiatan menanam yang kita lakukan. Pastinya dampak positif
akan hadir. Kelestarian terjaga. Tidak berlebihan, khusus tanaman pangan, dapat berdampak pada ketersediaan pangan di Sulawesi Utara secara berkesinambungan, dan membuat Sulawesi Utara tidak perlu khawatir akan terjadi kerawanan pangan,” ujar Gubernur Olly menambahkan.

Pastinya juga, tambah Gubernur Olly manfaat-manfaat lain yang bisa dituai.  Katanya, Kita akan bisa memacu semua aspek,dan memicu peningkatan dalam peran KORPRI, serta menopang kemajuan-kemajuan di daerah, untuk torehan-torehan yang lebih gemilang di masa mendatang.

“Memastikan optimalnya pencapaian setiap misi pembangunan, dalam langkah menuju visi, terwujudnya Sulut maju dan sejahtera, sebagai Pintu Gerbang Indonesia ke Asia Pasifik,” katanya.

Gubernur pun menyatakan Mendagri memuji program “Marijo Bakobong” yang berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi Sulut di masa-masa pandemi Covid-19, sehingga ini menjadi satu motivasi bagi seluruh ASN untuk menanam dan memanfaatkan lahan yang ada.

Selanjutnya Gubernur Olly beserta seluruh peserta upacara melakukan penanaman, bahkan Gubernur pun melakukan penanaman bibit buah-buahan dan tanaman tahunan seperti bibit kelapa, durian, matoa, dan mangga.

Hadir dalam kegiatan ini, Plh. Sekdaprov Sulut Steve Kepel, Sekda Minut Novly Wowiling, serta seluruh pejabat Pemprov Sulut dan Pemkab Minut.(red/adv)