Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Langkah Impresif ODSK di Bidang Kesehatan Hadirkan RS Berkualitas Internasional

×

Langkah Impresif ODSK di Bidang Kesehatan Hadirkan RS Berkualitas Internasional

Sebarkan artikel ini

Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven OE Kandouw bertekad menghadirkan berbagai infrastruktur di Sulawesi Utara. Bukan hanya proyek jalan atau tempat wisata, namun juga infrastruktur kesehatan.

Antara lain dibuktikan dengan operasional Rumah Sakit Umim Daerah (RSUD) ODSK di bilangan Bethesda Manado yang telah rampung dan telah beroperasi mulai Sabtu (23/4/2022).

Menurut Olly, pembangunan RSUD merupakan wujud komitmen bahwa pemerintah hadir di tengah masyarakat yang diaplikasikan dengan memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas.

“Untuk persyaratan administrasi sudah beres. Demikian juga dengan kerja sama BPJS yang sudah tuntas,” kata Olly.

Katanya, dengan hadirnya RSUD ODSK ini harus dibarengi dengan pelayanan yang super nyaman. Makanya Olly mengingatkan tentang pelayanan kesehatan, yang harus ditingkatkan agar masyarakat dapat merasakan kehadiran pemerintah.

“Pelayanan rumah sakit umum daerah ini, kiranya dapat terus ditingkatkan dengan kualitas yang terjaga. Begitu juga eksistensi rumah sakit dengan presentasi pengembangan sumber daya masyarakat yang memiliki fungsi yang sentral dalam konteks pembangunan berkelanjutan,” ucap Olly.

Sekadar referensi, daya tampung RSUD Provinsi Sulut Rumah sakit ini dibangun dengan klarifikasi type B dan mempunyai daya tampung sebanyak 376 bed yang terdiri dari ruang IGD, ruang ICU, area hemodialisa umum dan isolasi, ruang VIP dan VVIP ruang perawatan kelas 1, ruang perawatan kelas 2 dan ruang perawatan kelas 3.

Jenis Unggulan Pelayanan di RSUD Provinsi Sulut mencakup pelayanan ginjal, hipertensi dan diabetes.

“Rumah sakit menyiapkan 250 tenaga medis dan 40 dokter. Ini akan terus berubah. Dan mulai besok sudah mulai beroperasional,” kata Kadis Dinkes Sulut dr. Debby Kalalo.

Groun breaking RS Pusat KIA Sulut

Selain RSUD ODSK, Pemprov Sulut juga membangun RS Pusat Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Manado, yang bangunannya bersebelahan.

Istimewanya, Pusat KIA ini, nantinya menyediakan layanan fertilisasi invitro atau bayi tabung yang merupakan program kehamilan berupa reproduksi buatan.

Pembangunan Pusat KIA diawali dengan peletakan batu pertama yang dilakukan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Steven OE Kandouw pada Jumat (27/5/2022).

Wagub Steven Kandouw saat melakukan groun breaking

Steven Kandouw menyampaikan Pusat KIA merupakan jawaban atas penyediaan dasar kesehatan. Di mana Sulut diharapkan menjadi tempat pencarian pelayanan kesehatan di Indonesia Timur.

Untuk menyiapkannya, Kandouw mengingatkan agar pembangunan fisik harus paralel dengan regulasi. “Tidak gampang menyiapkan regulasi, ada parameter yang harus disiapkan. Gedung boleh megah tetapi regulasi yang empiris harus siapkan,” katanya.

Pusat KIA dibangun di lahan dengan struktur bangunan lima lantai yang akan dibangun di lahan seluas total 3.780 meter persegi. Di mana pelaksanaan pembangunan dilakukan dalam dua tahapan. Tahap pertama konstruksi dan tahap kedua penataan ruangan.

Pusat Kesehatan Ibu dan Anak yang akan dibangun ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pelayanan di RSUD Sulawesi Utara sebagai rumah sakit sayang ibu dan anak untuk mendukung program nasional.

Ruang pelayanan, nantinya terdiri dari lantai 1 atau dasar adalah ruang parkiran, lantai 2 adalah ruang rawat inap ibu dan anak, lantai 3 ruang rawat inap ibu dan anak serta pusat kajian dan pengembangan program kesehatan ibu dan anak Provinsi Sulut. Selanjutnya, lantai 4 fertilisasi center yang merupakan ruang klinik dan laboratorium fertilisasi dengan teknologi reproduksi berbantu.(adv/dkips)