Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

279 Anggota PPS se-Kabupaten Sitaro Dilantik

×

279 Anggota PPS se-Kabupaten Sitaro Dilantik

Sebarkan artikel ini

SITARO — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Siau, Tagulandang, Biaro (Sitaro), melantik 279 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS), se Kabupaten Sitaro, Selasa (24/01/2023).

Ketua KPU Kabupaten Sitaro, Stevanus Kaaro, SH dalam penyampaiannya mengatakan bahwa pelantikan kali ini digelar secara serentak di 3 wilayah berbeda, yakni di Siau Timur, Siau Barat dan Tagulandang.

“Hal tersebut dilakukan, karena kita dikejar waktu. Dan hari ini, merupakan pelantikan PPS di seluruh Indonesia,” kata Kaaro.

Selain itu, kata Kaaro, pelaksanaan pelantikan secara terpisah ini, dilaksanakan untuk melakukan efisiensi anggaran.

“Untuk mengumpulkan PPS dengan jumlah ratusan, tentunya bakal memakan banyak anggaran,” tuturnya.

Faktor lain yang juga diperhitungkan adalah ketersediaan transportasi laut yang akan digunakan oleh anggota PPS yang akan dilantik.

“Kita tahu bersama, bahwa Kabupaten Sitaro merupakan daerah kepulauan yang moda transportasi utamanya adalah kapal laut. Ini yang jadi salah satu pertimbangan kita, termasuk ketersediaan akomodasi/penginapan,” terangnya.

Di sisi lain ia berpesan agar PPS yang baru saja dilantik, dapat bekerja dengan mengedepankan kemandirian, imparsialitas, dan integritas yang tinggi, demi tegaknya demokrasi di Kabupaten Sitaro, guna memilih pemimpin dan wakil rakyat 5 tahun ke depan.

“Jadikan momen pelantikan ini sebagai momen awal bagi rekan-rekan anggota PPS, untuk menyatakan pakta integritas dan berkomitmen menyelenggarakan Pemilu dengan seluruh konsekuensinya,” ujarnya.

Ditambahkannya lagi, KPU merupakan lembaga hierarki dari KPPS, PPS, PPK, KPU Kabupaten Kota, KPU Provinsi dan KPU RI, sehingga kita akan bekerja sesuai ketentuan.

Dan dalam kalender kerja KPU, tidak ada yang namanya hari libur, semua tanggal berwarna hitam.

“Artinya jika ada tahapan kita wajib melaksanakannya meski harus sampai malam bahkan sampai dini hari dan hal ini, sudah disanggupi oleh PPS terpilih dalam tes wawancara,” jelasnya.

Ia juga mengajak seluruh anggota PPS yang baru dilantik supaya dijauhkan dari pemikiran untuk masuk PPS hanya karena honor.

Karena itu, marilah kita bekerja dengan baik, karena jika kita mampu berbuat yang terbaik, niscaya hal yang baik pula pasti mengikuti kita. Termasuk yang namanya keuangan.

“Jauhkan fokus kita dari honor, meski hal tersebut tidak dapat kita sangkal, jadi salah satu motivasi untuk masuk PPS,” kuncinya. (gus)