Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Anggaran Minim, Trayek dan Jadwal Tol Laut ke Sangihe Berubah

×

Anggaran Minim, Trayek dan Jadwal Tol Laut ke Sangihe Berubah

Sebarkan artikel ini

SANGIHE — Pelaksanaan program tol laut di 2023 dipastikan akan berbeda dengan 2022 lalu.

Pasalnya, trayek yang sebelumnya Kapal Tol Laut H1 hanya melayani jalur Surabaya – Makasar – Tahuna.

Namun, kini ditambah dengan Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara.

“Sesuai hasil zoom meeting dengan Kementerian Perhubungan dan PT Pelni sebagai operator Kapal Tol Laut, untuk trayek Kapal Tol Laut H1 ditambah dengan Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara. Alasan perubahan trayek ini karena anggaran di Kementerian Perhubungan minim di tahun ini,” ungkap Sekretaris Dinas Perindag Sangihe Fera Masora, Selasa (24/1/2023).

Akibat minimnya anggaran, lanjut Masora, jadwal yang diberikan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk tol laut hanya sampai dengan April 2023.

Sehingga Kapal Tol Laut hanya sebulan sekali akan masuk di Kabupaten Sangihe sampai April mendatang.

Namun begitu, jika daerah-daerah masih membutuhkan tol laut agar segera menyurat untuk penambahan anggaran sesuai arahan dari pusat.

“Dan memang Dinas Perindag selaku dinas yang dipercayakan Pemerintah Kabupaten untuk pengawasan barang di Kapal Tol Laut sudah membuat surat langsung ke pak presiden terkait dengan tambahan anggaran di Kemenhub. Surat tersebut tinggal menunggu tanda tangan ibu pejabat,” jelasnya.

Masora pula menambahkan, bisa dilihat sendiri program tol laut ini sangat membantu untuk masyarakat di daerah tertinggal, terpencil dan terluar seperti di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Karena berdasarkan realita bahwa stok barang penting dan barang lainnya di Sangihe selalu ada karena
pelayanan tol laut.

“Nantinya kami berupaya apapun yang terjadi Kapal Tol Laut harus tetap masuk di Kabupaten Kepulauan Sangihe,” kunci Masora. (one)