Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Seberapa Sering Anda Harus Mengganti Seprai Tempat Tidur? Begini Pendapat Ahli

×

Seberapa Sering Anda Harus Mengganti Seprai Tempat Tidur? Begini Pendapat Ahli

Sebarkan artikel ini

KEBERSIHAN tempat tidur sering kali banyak diabaikan banyak orang. Padahal dengan Anda membiarkan seprai yang kotor akan mengakibatkan masalah kesehatan.

Apabila Anda adalah orang yang termasuk santai dengan kebersihan tempat tidur, sebaiknya Anda perlu ketahui pendapat para ahli.

Menurut Apoteker di apotek daring Chemist Click, Abbas Kanani, mengatakan kepada FEMAIL: “Kebersihan yang tepat penting dalam hal tidur karena seprai kotor dapat menyebabkan alergi, kulit berjerawat, asma dan mengganggu kualitas tidur,” kata Abbas seperti dilansir dari Daily Mail, Rabu (25/1/2023).

Selanjutnya Danielle Mason, Kepala Pengembangan Produk di The Fine Bedding Company memperingatkan:
“Di permukaan, tempat tidur Anda mungkin terlihat bersih. Tetapi dapat menyebabkan segala macam masalah kesehatan jika tidak diganti secara teratur, jadi kami sarankan untuk mengganti seprai Anda seminggu sekali.”

Jika Anda memiliki hewan peliharaan atau mengalami alergi dari tungau debu, sebaiknya setiap 3-4 hari untuk kondisi tidur yang optimal.”

Kemudian Abbas mengatakan bahwa seprai harus diganti paling banyak, setiap dua minggu, tetapi idealnya seminggu sekali.

“Ini adalah pedoman umum yang mungkin berbeda tergantung pada gaya hidup Anda. Misalnya, orang yang mungkin tidak tidur di kasur mereka setiap hari mungkin dapat lebih jarang mencuci seprai.”

Hal senada dikatakan Dr Veronika Matutyte, Ilmu Kesehatan, peachesandscreams.co.uk.

“Kebersihan kamar tidur sangat penting. Ini membantu mencegah penyebaran bakteri, kuman, infeksi dan penyakit. Dari sudut pandang ahli, tempat tidur harus diganti setelah satu atau dua minggu.”

Lanjutnya mengatakan, rutinitas yang mungkin berbeda untuk orang dengan masalah seperti asma dan alergi dan mereka yang mengalami keringat malam.

“Untuk kasus seperti itu, saya biasanya mendorong penggantian dan pencucian tempat tidur sekali setiap minggu untuk menjaga ruangan tetap segar dan bersih dan untuk menghilangkan potensi iritasi.”

Abbas dan Dr Veronika mengatakan ada banyak masalah kesehatan yang bisa timbul karena terlalu lama meninggalkan kasur.

“Rata-rata orang menghabiskan sekitar 227.760 jam untuk tidur seumur hidup mereka, yang setara dengan 26 tahun,” kata Abbas.

“Kotoran, sel kulit mati, minyak tubuh, keringat dan tungau debu, termasuk bangkai dan kotorannya semuanya dapat menumpuk di tempat tidur Anda.”

“Tungau debu hanya dapat hidup dari sel kulit mati dan bereproduksi dengan cepat. Jika Anda memiliki alergi kulit yang dipicu oleh tungau debu, serbuk sari, atau partikel mikroskopis lainnya, cuci seprai dengan air panas dan ini akan membantu membunuh tungau debu dan mikroba pengiritasi lainnya.”

Sementara itu Dr Veronika mengatakan salah satu manfaat kesehatan dari mengganti sprei secara teratur antara lain mengurangi penyebaran bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan penyakit seperti pneumonia, infeksi kulit, campak, influenza dan cacar air.

Selain itu, Dorothy Chambers, pakar kesehatan tidur di SleepJunkie.com , menyarankan mengganti seprai seminggu sekali, sarung bantal harus diganti dua atau bahkan tiga kali seminggu. (red)

Menurut Para Ahli Barang-Barang di Tempat Tidur yang Perlu Diganti Secara Rutin:

Seprai – seminggu sekali

Sarung bantal – dua atau tiga kali seminggu

Bantal – setiap enam bulan

Bantalan dan pelindung kasur – sebulan sekali

Selimut – setiap tiga bulan sekali

Cara Menjaga Seprai Anda Tetap Bersih:

– Jika kamu ingin menghindari mencuci seprai lebih dari sekali seminggu, kamu harus meminimalkan kotoran dan benda lain yang dapat menempel di tempat tidurmu.

– Mengenakan piyama atau pakaian tidur lainnya ke tempat tidur.

– Mandi atau berendam sore hari, agar tubuh bersih saat naik ke tempat tidur. Sebagai bonus, para peneliti menemukan bahwa mandi 90 menit sebelum tidur dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.

– Makan makanan dan camilan Anda di tempat lain. Mengunyah atau minum di tempat tidur dapat menyebarkan remah-remah atau menyebabkan tumpahan.

– Menyimpan salep dan lotion untuk pagi hari.

– Membatasi gerakan Anda. Jika Anda adalah tipe orang yang suka bolak-balik, kemungkinan besar Anda akan menyebarkan sel-sel kulit dan kotoran lainnya ke seluruh tempat tidur.

– Tidur dengan bantal tubuh dapat membuat tubuh Anda tetap pada satu titik.