Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Banjir dan Longsor Hantam Manado, OD-SK Langsung Bereaksi Bantu Warga

×

Banjir dan Longsor Hantam Manado, OD-SK Langsung Bereaksi Bantu Warga

Sebarkan artikel ini

MANADO – Curah hujan ekstrim yang mengguyur wilayah Sulut sejak dini hari Jumat (27/01/2023) mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah di Manado. Ribuan rumah warga di 25 titik tergenang banjir dan sejumlah lokasi mengalami longsor.

Menanggapi hal ini, Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw bereaksi cepat dan turun langsung memantau ke sejumlah titik banjir. Gubernur Olly langsung memerintahkan seluruh jajarannya untuk siaga menghadapi situasi dan cuaca ekstrim.

Gubernur Olly pun turun memantau di beberapa lokasi yang terdampak banjir. Gubernur juga mengimbau masyarakat untuk lebih waspada dan langsung bergerak menjauh dari lokasi-lokasi yang rawan bencana.

“Tetap berdoa kepada Tuhan dan waspada dengan situasi alam. Hindari lokasi rawan bencana,” kata Gubernur di sela pemantauan titik-titik yang kena banjir dan tanah longsor.

Tak hanya itu, Pemprov Sulut pun langsung action membuka posko darurat bantuan bencana di Lobi Kantor Gubernur Sulut.  Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulut, Steve Kepel, langsung bergerak cepat menginstruksikan jajaran Pemprov Sulut membentuk tim reaksi cepat tanggap menghadapi keadaan darurat bencana.

“Sesuai arahan Pak Gubernur Olly dan Pak Wagub Steven, jajaran Pemprov langsung membuka posko darurat bantuan bencana di Lobi Kantor Gubernur. Tentunya Pemprov berkoordinasi dengan Pemkot Manado dan pihak-pihak terkait seperti TNI dan Polri serta semua stakeholder langsung disiagakan, di antaranya keperluan kesehatan dan penanggulangan bencana serta makanan  siap saji,” ungkap Steve Keppel didampingi para Asisten dan Kadis serta para staf Pemprov Sulut.

Melalui posko darurat bencana ini, tambah Sekprov, akan dilakukan langkah-langkah koordinasi selanjutnya untuk semaksimal mungkin membantu masyarakat agar terhindar dari bencana alam. Termasuk berbagai kebutuhan darurat.

Sementara itu, sambil memantau situasi terkini bencana di Manado, Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw memerintahkan jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov Sulut untuk menyiapkan makanan siap saji dan minuman air mineral untuk segera disalurkan langsung kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir dan longsor di Manado.

“Instruksi Pak Gubernur dan Pak Wagub serta Pak Sekprov langsung ditindaklanjuti. Dan sejumlah makanan siap saji serta air minum langsung disalurkan kepada warga terdampak bencana. Pejabat dan staf saat ini siaga,” ungkap Kepala BKD Clay Dondokambey yang ditunjuk sebagai koordinator lapangan.

Makanan siap saji juga terus disiapkan SKPD, dan diharapkan bisa menjangkau warga terdampak bencana mengingat situasi hingga siang hari ini curah hujan deras masih terus mengguyur Kota Manado.(red/adv/dkips)